Bulan Penuh Keberkahan Lantamal IX Rayakan Idul Adha 1440 H/2019 M

58
LiputanToday.Com (AMBON) – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX merayakan merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M, dimana pada bulan ini merupakan bulan yang penuh keberkahan. Karena umat Islam melaksanakan rukun Islam kelima yaitu Ibadah Haji, Kegiatan perayaan dan pelaksanaan Sholat Idul Adha bertempat di Masjid Nurul Iman Lantamal IX. Minggu, (11/08/2019).

Sebelum melaksanakan Sholat Idul Adha, panitia penerimaan hewan kurban menyampaikan jumlah yang telah diterima, Diantaranya 16 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Lantamal IX akan menyerahkan daging kurban kepada panti asuhan se-Kota Ambon, serta bagi yang berhak menerimanya.

Pada kesempatan tersebut Prajurit Lantamal IX beserta keluarga yang beragama muslim menerima pencerahan dari Ust. dr. H Sofyan Umarela S. Umarella, SPPD, Finasim. Dalam dakwahnya disampaikan bahwa, suka cita kaum muslimin menyambut Hari Raya Idul Adha tiada terasa di bulan Dzulhijjah. Karena, beberapa ribu tahun yang lalu terdapat kisah pengorbanan seorang Nabi Ibrahim AS untuk sang anak Ismail, dengan kecintaannya kepada Allah SWT, ia rela menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya. Namun, karena melihat keikhlasan Nabi Ibrahim AS, Allah SWT menggantikan anaknya Ismail dengan seekor domba.

Lebih lanjut dikatakan, keteledanan keluarga Nabi Ibrahim AS dapat dijadikan contoh sebagai cerminan keluarga muslim. Karena dengan kegigihan, dan keikhlasan dalam menjalankan kehidupan semoga mendapat ridho dari Allah SWT. Keteladanannya yakni berdoa, semangat berusaha, memiliki hati yang bersih dan tajam, rela berkorban.

Selain itu bertepatan dengan pelaksanakan rukun Islam kelima yaitu Ibadah Haji, dijelaskan dimana Haji mabrur akan mendapatkan balasan di surga, tidak hanya perubahan status seseorang, tapi perilaku orang tersebut harus sesuai dalam kehidupan sehari-hari.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis dari Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., kepada panitia dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan korban yang disaksikan Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, Para Kasatker Lantamal IX, Para Prajurit Lantamal IX, Para prajurit Yonmarhanlan IX, Para Prajurit KRI Teluk Lada – 521, KRI Untung Suropati – 372, KRI Oswald Siahaan – 354 , serta seluruh warga Muslim Komplek Lantamal IX. (Red/Kiki/Dispen LantamalIX).

Translate »