Ancaman Covid-19, T. Marwan Nusri MPH: Perlu Kita Ketahui tentang Virus Covid-19 dan Pencegahan Sejak dini

LiputanToday.Com (Jakarta) – Dampak virus Corona (Covid-19) yang melanda diseluruh Negara termasuk Indonesia dan sekaligus merusak serta merontokan segi-segi Perekonomian kalangan atas sampai kebawah, saking Dahsyat Covid-19 ini menjadi momok menakutkan bagi dikalangan masyarakat luas.

Ancaman penyakit Covid-19 ini sangat menakutkan bagi banyak orang, Karena penyakit virus corona ini kasat mata dan belum ada penangkalnya. seperti kata pepatah mengatakan ibarat maling dimalam hari tidak kelihatan eh.. tiba-tiba barang kita hilang, ungkap dr. T. Marwan Nusri, MPH. sambil bercanda saat dihubungi redaksi liputantoday.com, pada Senin (05/10/2020) pagi.

Bagi tenaga medis kesehatan Covid-19 ini penyakit yang baru, hasil diagnosa ataupun gejala awal tidak mirip dengan penyakit lain yang mudah terdeteksi dari awal gejalanya. jelas Pak Marwan yang disapa Akrabnya.

Lanjut beliau menyampaikan, Namun dengan seiring berjalannya waktu dan pengalaman kasus Covid-19 ini maka gejala dan masa pengobatan lebih dipahami, Sehingga dokter lebih cepat mendeteksi kasus terhadap pasien agar dapat diobati dengan lebih baik.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, dilihat dari kondisi saat ini untuk kesembuhan meningkat, Namun yang rentan dan beresiko tinggi seperti Lansia, Diabetes ataupun darah tinggi yang harus lebih extra hati-hati, pesan Marwan Nusri yang juga lulusan Alumnus UCLA Amerika Serikat, dan beliau juga Mantan Direktur RS Otorita Batam, dikala SARS melanda Singapore saat itu.

Saat ini diseluruh masyarakat sedang menunggu tersedianya Vaksin ataupun obat untuk Covid-19 yang sedang diuji baik di Indonesia maupun Negara-negara lain.

Sementara dalam menunggu itu apa yang bisa kita lakukan? Perlu diingat bahwa “Virus ini tidak bisa berjalan sendiri, dia pasti ada yang membawanya, seperti medianya yaitu droplet/cairan Ludah.”

Maka dari itu harus kita Cegah adalah droplet, harapnya Marwan Nusri sambil melanjutkan kembali, droplet jangan pindah dari orang ke orang. upayakan 3M, Memakai Masker, Menjaga Jarak Minimal 1-2 Meter, Mencuci Tangan dengan menggunakan Sabun dan bilas dengan Air Mengalir, itu adalah kunci untuk saat ini, hindari kerumunan orang, bila berada dalam ruangan tertutup ataupun ber AC upayakan secara berkala ruangan dibuka untuk membatasi atau membiarkan udara yang mungkin terkontaminasi virus bisa keluar. pesannya pada Masyarakat.

Dari penutupnya Beliau juga berpesan, Bila ada yang bergejala panas seperti Sakit Tenggorokan segera lapor ke puskemas atau tim Gugus Covid-19 agar dapat bantuan awal, itu bukanlah penyakit ataupun virus yang memalukan, jadi jangan segan-segan untuk memberitahukan agar tidak meluas ataupun Mencegah Penyebaran Covid-19 di lingkungan maupun wilayah kita masing-masing dan Mudah-mudahan seluruh bangsa Indonesia dilindungi dari Wabah Covid-19 ini.

Perlu anda ketahui tentang Virus Corona (Covid-19) ini adalah Sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan, Sebagian virus dapat menginjeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Bagaimana proses penyebaran Virus Corona ini

Seringkali virus ini menyebar antara manusia ke manusia melalui tetesan cairan dari mulut dan hidung saat orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin, mirip dengan cara penularan penyakit flu. Tetes cairan dari mulut dan hidung pasien tersebut bisa jatuh dan tertinggal pada mulut dan hidung orang lain yang berada di dekatnya, bahkan dihisap dan terserap ke dalam paru-paru orang tersebut melalui hidungnya.

Gejala yang dialami pasien Virus Corona yaitu, Demam, Batuk, dan Napas yang Pendek. The Center for Disease Control and Prevention (CDC) percaya bahwa pasien Virus Corona dapat mengalami gejala-gejala ini 2 dari 2 hari sampai 14 hari setelah terpapar virusnya.

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah seseorang terinfeksi Virus Corona. Cara terbaik untuk melindungi diri kita adalah dengan menghindari kondisi atau tempat dimana Anda berpotensi terpapar virus tersebut. Sebuah lembaga pencegahan penyakit di Amerika, Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan Anda sejumlah hal-hal di bawah ini untuk mencegah penyebaran penyakit pernapasan, yaitu:

Perbanyak cuci tangan menggunakan air dan sabun paling tidak selama 20 detik, terutama sebelum Anda keluar kamar mandi, sebelum makan dan setelah Anda buang ingus, atau batuk, ataupun bersin.

Jika air dan sabun tidak tersedia, gunakanlah pembersih tangan alkohol dengan kandungan alkohol sebanyak minimal 60%
Hindari menyentuh wajah sebelum Anda cuci tangan Hindari kontak dekat dengan orang-orang sakit Tinggal di rumah jika Anda sakit, Tutupi mulut Anda saat batuk dan bersin dengan menggunakan tisu, Perbanyak membersihkan barang-barang serta perabotan di rumah Anda.

Selain dari itu untuk Pencegahan lainnya dapat Menggunakan Masker untuk mengurangi penyebaran penyakit pernapasan, Namun menggunakan masker tidak menjamin penyebaran penyakit ini benar-benar berhenti. Cara pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan, menutup mulut dan hidung jika Anda batuk dan bersin, dan menghindari kontak dekat dengan pasien Virus Corona, jaga jarak setidaknya 1 meter antara dengan pasien.

World Health Organization (WHO) menyarankan masyarakat menggunakan masker hanya jika mereka mengalami gejala sakit pernapasan (batuk dan pilek), atau jika mereka telah dinyatakan terjangkit Virus Corona, baik ringan maupun berat. Salah satu cara untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona adalah dengan tidak melakukan perjalanan. (red).

Berita Terbaru