liputantoday.com
Berita Aktual Independent
Foto Iklan Atas

★★ ingin Bergabung Di Dunia Jurnalistik, Media LiputanToday.com Membuka Peluang untuk Menjadi Kepala Biro & Wartawan Di Wilayah Seluruh Indonesia, Info Lebih Lanjut Silahkan Contact Telp/Wa : 085264665678 & Contact Email : Liputantoday.com@gmail.com Atau Redaksi@liputantoday.com ★★

Kemeriahan Lomba Di Sungai Elo Magelang

351
LiputanToday.com (Magelang) – Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang gelar lomba perahu hias yang berlangsung di Sungai Elo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut berlangsug meriah. Warga pun sangat antusias sekali menonton lomba tersebut, Jumat (05/07/2019).

Lomba perahu hias yang merupakan rangkaian Festival Kali Elo 2019 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang (POAJM).

Perahu karet yang biasanya dipakai rafting itu dihias dengan berbagai aneka macam hewan seperti ikan maupun binatang yang hidup di Sungai Elo. Ada perahu karet yang dihiasi ikan seperti udang, biawak maupun ular. Bahkan ada yang menghias perahu karet dengan katak. Mereka yang mendayung perahu pun memakai hiasan pakaian yang menarik dan unik.

Masyarakat sekitar sungai Elo melihat perlombaan perahu hias dari tepi sungai mulai dari tempat start di Pare, Blondo dan finish di Mendut. Lomba perahu hias ini menempuh jarak sekitar 12,5 km.

Ketua POAJM, Nuryana mengatakan lomba perahu hias di Sungai Elo sudah diadakan yang kedua kali. Untuk lomba yang dinilai dari perahu hias tersebut, antara lain keunikan hiasan, kostum maupun hiasan yang dipakai harus ramah lingkungan.

“Dari pengalaman tahun pertama, ini tahun yang kedua tahun 2019 ini, ternyata luar biasa antusias dari masyarakat yang pingin melihat, pingin menikmati seperti apa to hiasan-hiasan yang dibuat oleh semua operator yang ada disini,” Ujar Nuryana.

Nuryana memaparkan untuk tahun ini, bertemakan lomba perahu hias : Fauna Sungai Elo. Untuk itu, hiasanya berupa hewan yang berada di Sungai Elo. Lomba tersebut juga bermaksud sebagai promosi untuk rafting di Sungai Elo yang aman.

“Dampak dari lomba perahu hias ini di Sungai Elo sudah bisa dibuktikan bahwa ternyata berarung jeram di Sungai Elo tidak berbahaya. Ya tadinya, tidak berani, dengan adanya seperti ini menjadi lebih berani. Ini ada pakai hewan-hewan besar, ikan besar ada di atas kapal saja tetap aman, apalagi masyarakat yang belum menikmati mesti akan penasaran selalu datang di Sungai Elo,” Papar Nuryana.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso mengatakan Festival Kali Elo dilaksanakan selama 3 hari, sejak Jumat, (5/7/2019) hingga Minggu, (7/7/2019). Diharapkan dengan festival ini untuk meningkatkan potensi yang ada di Kabupaten Magelang.

“Kali Elo merupakan salah satu sungai yang secara ekologis, secara ekonomi memberi manfaat yang besar. Kali ini mengangkat tema yang paling besar terkait Menyayangi Elo, Mencintai Elo. Harapannya dengan melestarikan sungainya itu, kita akan mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya,” Ujar Iwan.

Iwan mengharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat sekitar agar peduli dengan sungai elo, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Sungai lestari, tapi manfaatnya mensejahterakan masyarakat. Tema yang kali ini Sayangi Elo itu, harapannya masyarakat akan peduli dengan Elo. Kegiatan-kegiatan kita juga banyak bersifat lingkungan. Jadi, pariwisata berbasis masyarakat, pariwisata yang peduli dengan lingkungan, jadi wisata yang berkelanjutan,” kata Iwan.

Plt Kepala Bidang Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata Disparpora, Zumrotun Rini menambahkan Festival Kali Elo 2019 bertajuk “Melody Kali”. Selain, atraksi perahu hias, festival tahunan ini juga bakal menghadirkan Band Letto. Nantinya, ada konser Letto akan digelar di pinggir Sungai Elo.

“Konser ini, belum pernah ada di Indonesia. Panggungnya akan dibuat di pinggir sungai dengan latar belakang air mancur. Penonton akan berada di posisi atas sehingga lebih mudah menikmati konser,” Tutur Zumrotun.

Text Id Pers Bawah Rilis Berita
Foto Iklan 970*300