LiputanToday.com (PONTIANAK) – Akibat dari Ledakan 40 Unit Rumah mengalami kerusakan baik ringan maupun berat, Ledakan terjadi akibat dari Tabung Penyimpanan Nitrogen milik PT. Bajasarana Sejahtera (BJS) di Jln. Khatulistiwa, Kelurahan Batulayang, Kecamatan Pontianak Utara, Senin (05/10/2020) dini hari.

Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Komarudin, Menerangkan, akibat dari ledakan tersebut tercatat sebanyak 40 unit rumah mengalami rusak, baik ringan maupun berat, dua diantaranya rumah Ibadah, ucap Komarudin seusai meninjau lokasi kejadian di Batu Layang, Pontianak Utara.

Menurutnya, Polisi saat ini tengah melakukan penyelidikan apa yang menjadi penyebab terjadinya ledakan di kawasan penyimpanan tabung nitrogen milik PT. BJS tersebut.

Beliau juga menjelaskan, “Kita juga sudah memasang garis polisi (Police Line) guna mengamankan lokasi kejadian tersebut, guna memudahkan proses penyelidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Lebih lanjut Komarudin menyampaikan “Sementara untuk mengetahui apa penyebab ledakan besar di penampungan tabung nitrogen tersebut belum diketahui, Karena masih menunggu hasil identifikasi di lapangan,” terangnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian di PT BJS Akian mengatakan, saat dijumpai di lokasi, Ledakan tersebut berasal dari salah satu tabung storage (Penyimpanan) Nitrogen cair di dalam Pabrik mereka.

“Saya di telepon oleh petugas satpam saat kejadian. Saat tiba di sini, kondisinya sudah seperti ini (Sudah berantakan akibat tabung Nitrogen),” jelasnya.

Dia menambahkan, di Pabrik PT. BJS tersebut memiliki dua tabung storage yang sering digunakan yang berisi Oksigen dan Nitrogen cair. “Sementara yang meledak itu, tabung Nitrogen kosong,” ungkapnya.

Sebelumnya, diinformasikan telah terjadi ledakan besar di tempat penampungan tabung nitrogen milik PT. Bajasarana Sejahtera (BJS) Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Batulayang, Kecamatan Pontianak Utara, Senin dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Bahkan, suara ledakan terdengar hingga ke Kantor Koramil 01/Pontianak Utara. Akibat ledakan tersebut menyebabkan kerusakan rumah warga sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan kerusakan pada gudang milik PT. BJS.

Selain rumah, Akibat dari ledakan penampungan tabung nitrogen itu menyebabkan satu orang mengalami luka-luka atas nama Reza (24) Petugas Satpam di PT. BJS. (Gun).

Berita Terbaru