Minimnya Kesadaran Masyarakat Terkait Sampah, Babinsa Tanjung Sari Ajak Bersihkan Laut di Pelabuhan

379
LiputanToday.Com (BATAM) – Kegiatan rutin bulanan Babinsa Tj. Sari (Tanjung Sari) Kopral Satu (Koptu) Roni Sitorus mengajak masyarakat untuk lebih Peduli terhadap Lingkungan, dengan cara membersihkan sampah di sekitar pelabuhan Kuning dan lang lang laut Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Minggu (10/11/2019).

Dalam kegiatan gotong royong bersihkan pelabuhan ini melibatkan ratusan masyarakat dan instansi di Kecamatan Belakang Padang, turut hadir Sekertaris Camat (Sekcam) Belakang Padang, Lurah Tj. Sari, Lurah Sekanak Raya, Babinsa Tj. Sari Koptu Roni Sitorus, Bhabinkamtibkamas Tj. Sari, anggota Bank Sampah serta dari Instansi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kecamatan Belakang Padang.

Sasaran dari pembersihan sarana pelayanan armada ini adalah mengambil sampah-sampah yang ada di sekitar pelabuhan Kuning, sampah yang sudah terkumpul di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sementara itu, Babinsa Tj. Sari Koptu Roni Sitorus, mengatakan kegiatan rutin ini atas kerjasama antar instansi yang peduli terhadap lingkungan masyarakat.

“Kita lakukan kegiatan kerjabakti bergotong royong (Goro) bersama masyarakat berkat kerjasama oleh Bank Sampah dengan Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Belakang Padang,” Ungkap Koptu Roni Sitorus.

Tanpa takut kotor dengan seragam lorengnya Babinsa Desa itu terjun langsung ke lapangan untuk ikut membantu masyarakat sekitar, membersihkan sampah di Pelabuhan Kuning.

“Hari kita bersama masyarakat membersihkan sampah-sampah di sekitar Pelabuhan,” Jelas Babinsa Tj. Sari.

Koptu Roni Sitorus mengungkapkan, ada 600 kilo gram (Kg) lebih sampah plastik yang ada di pelabuhan Kuning.

“Ada 600 Kg lebih sampah plastik kita angkat dari laut,” Terang Koptu Roni Sitorus.

Babinsa Tj Sari mengharapkan, masih minimnya kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Dengan adanya goro bersih sampah ini, agar laut di Kecamatan Belakang Padang ini bersih dari sampah, dan kurangnya masyarakat untuk peduli tidak membuang sampah sembarang tempat khususnya kita juga mengurangi penggunaan plastik,” Jelas Babinsa Tj Sari. (Red/Feb).

Translate »