liputantoday.com
Berita Aktual Independent
Foto Iklan Atas

Siswa SLB Mutiara Bangsa Patean Tampilkan Karya Seni di Hari Batik Nasional

258
LiputanToday.Com (KENDAL) – Sekolah Luar Biasa (SLB) Mutiara Bangsa Patean mengadakan pameran hasil karya seni yang dibuat oleh Siswanya, Pameran dan pertunjukan Seni hasil Karya Anak berkubutuhan khusus itu ditampilkan di Pendopo Obyek Wisata Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah Rabu (02/09/2019).

Meski karya itu dihasilkan oleh anak berkebutuhan khusus, namun karya tersebut tidak kalah dengan karya buatan anak pada umumnya. Bahkan turis mancanegara yang hadir pun juga mengagumi karya anak berkebutuhan khusus binaan sekolah itu terutama dalam membatik.

Ketua Yayasan SLB Mutiara Bangsa Patean, Nina Dewi Nurchipayana mengatakan bahwa Karya dari anak berkebutuhan khusus tidak dapat dipandang sebelah mata. Menurutnya karya dari anak kebutuhan khusus layak untuk dipasarkan.

“Kegiatan ini merupakan dalam rangka perayaan Hari Batik Nasional, Ini merupakan kali kedua kami mengadakan kegiatan serupa,” Ujar Nina.

Nina menambahkan karya dari anak didiknya ini sangatlah bagus sehingga dapat membuat banyak orang menjadi kagum termasuk dirinya sendiri.

Menurutnya pendampingan dan pemberian kesempatan bagi anak berkebutuhan khusus sangatlah diperlukan untuk berkarya.

“Dalam pameran ini tidak hanya batik, namun seni lainnya seperti menari, musik bahkan puisi juga dibawakan dalam kegiatan ini,” Tambah Nina.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf mengatakan bahwa anak kebutuhan khusus perlu diberikan kesempatan untuk menunjukan karyanya. Menurutnya anak kebutuhan khusus merupakan mutiara generasi muda bangsa.

“Saya berharap karya kain batik anak SLB ini tidak hanya dinikmati dalam Kendal saja, namun dapat dinikmati atau dipakai oleh warga dari daerah lainnya,” Ungkap Kadisdikbud Kendal.

Translate »