oleh

Di Hari Aids Sedunia 2019, Danramil 03/NGS: Antisipasi Penularan HIV Melalui 3 Hal

LiputanToday.Com ( BATAM ) – Komando Rayon Militer (Koramil) 03 /Nongsa melalui perwakilan Kodim 0316, menghadiri kegiatan Edutainment dan Test HIV secara Sukarela yang diadakan oleh Komisi Penanggulangan Aids Kota Batam, di Pelataran pintu 5 Mall Top 100 Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Sabtu (14/12/2019).

Kegiatan tersebut, turut hadir Wakil Walikota Batam, Dandim 0316/Batam, diwakili, Kapolresta Barelang, diwakili, Danlanal Batam, Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Para perwakilan OPD Pemkot Batam, Para direktur Rumah sakit Kota Batam, Camat Sagulung, ketua FKUB kota Batam, Ketua AJAHIB Kota Batam, jaringan LSM peduli AIDS Kota Batam, jaringan perguruan tinggi peduli AIDS kota Batam, perusahaan-perusahaan peduli AIDS Kota Batam, Ketua Karang Taruna se-Kota Batam, Ketua remaja peduli AIDS se-Kota Batam, jaringan populasi kunci kota Batam, Forum warga peduli AIDS Kota Batam.

Penyuluhan kesehatan ini, membahas tentang penyakit HIV dan Aids serta test pengecekan secara Sukarela, bagi remaja sekolah, karyawan perusahaan, dan masyarakat umum.

Menurut Danramil 03/Ngs. Kapten. Inf W. Sinaga, kegiatan ini merupakan dalam rangka memperingati hari Aids Sedunia, dilaksanakan dalam tahun ini di Kotam Batam.

Kapten. Inf W. Sinaga, mengucapkan terimakasih kepada yang sudah hadir dan mendukung pada kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan sangat penting bagi masyarakat dan diri sendiri terutama masalah kesehatan.

Kapten. Inf W. Sinaga, mengatakan sebelum dilaksanakan pemeriksaan, terlebih dahulu dilaksanakannya penyuluhan tentang HIV AIDS.

Dandim 0316/Batam, menjelaskan bahwa AIDS merupakan kumpulan (Gejala) penyakit yang disebabkan oleh adanya penurunan kekebalan tubuh manusia yang di dapat.

“HIV adalah virus yang membunuh sel darah putih di dalam tubuh manusia, sedangkan fungsi sel darah putih itu sendiri melawan infeksi dan penyakit yang menyerang tubuh manusia,” Jelasnya.

Menurutnya, bahwa penularan HIV melalui 3 hal yakni, Pertama melalui produk Darah baik itu Transfusi, Alat Suntik atau Iris yang tercemar HIV, Narkoba Suntik, Tato dan Pisau Cukur.

Lanjut Kapten. Inf W. Sinaga, yang kedua, dari ibu ke janin atau ke bayinya dan yang ketiga, melalui hubungan seksual dengan seseorang yg sdh terinfeksi HIV Aids

Bahwa HIV itu sendiri terdapat di darah, cairan kelamin pria, cairan kelamin wanita dan air susu ibu. (Red/Feb).

Berita Terbaru