LiputanToday.Com (Batam) – Komando Distrik Militer 0316/Batam Menyalurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) TNI di Markas Kodim 0316/Batam, Kampung. Seraya, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Sebanyak 4.000 orang warga Batam menerima Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung atau BPTPKLW-TNI sebesar Rp1,2 juta.

Diawal kata sambutannya Komandan Kodim (Dandim) 0316/Batam, Letkol Kav. Sigit Dharma Wiryawan menyampaikan, Tiada ungkapan yang pantas melainkan ungkapan puji Syukur kehadiran Tuhan yang Maha Kuasa, Karena atas rahmad dan karunianya kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat mengikuti acara Lauching penyaluran bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (BPTPKLW-TNI) untuk 4.000 orang oleh TNI tahun 2021 di Wilayah Kodim 0316/Batam.

Lanjut Dandim menyampaikan, Perlu kami sampaikan bahwa Kodim 0316/Batam merupakan bagian dari unsur TNI yang ada di Kota Batam, Kodim 0316/Batam yang melaksanakan fungsi teritorial dalam rangka mempersiapkan wilayah pertahanan darat, Kodim 0316/Batam mempunyai tugas membantu pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan atau yang disebut operasi selain perang. pungkas Letkol Kav. Sigit Dharma Wiryawan, Selasa (19/10/2021).

Oleh karena itu pada hari ini Kodim 0316/Batam menyalurkan bantuan tunai dari TNI untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BPTPKLW-TNI) untuk 4.000 orang, yang terdiri dari Kecamatan Batu Aji 340 orang, Batam Kota 330 orang, Batu Ampar 340 orang, Bengkong 340 orang, Lubuk Baja 340 orang, Sagulung 330 orang, Sekupang 330 orang, Sei Beduk 330 orang, Nongsa 330 orang, Bulang 330 orang, Galang 330 orang dan Belakangan Padang 330 orang, serta bantuan diberikan secara langsung dan tanpa ada potongan sedikitpun dengan jumlah bantuan yang diterima setiap penerima bantuan sebesar Rp. 1.200.00. terang Letkol Kav. Sigit Dharma Wiryawan.

Dan kami harapkan dengan bantuan ini para penerima dapat memanfaatkan untuk menambah modal usaha yang telah dijalankannya, pada kesempatan ini pula kami mengucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya penyaluran bantuan pada hari ini. ujar Dandim.

Selain itu Dandim juga mengatakan bahwa BPTKLW merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang berada di wilayah PPKM dan terdampak pandemi Covid-19.

“Kriteria penerima BTPKLW adalah pedagang atau pelaku usaha mikro, dikhususkan kepada pelaku PKL dan warung yang belum menerima bantuan BPUM. Penyalurannya dilakukan bertahap untuk menghindari adanya kerumunan,” jelas Letkol Kav. Sigit Dharma Wiryawan.

Dandim berharap, “Sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintahan dalam penyaluran BTP-KLW bagi masyarakat dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Nasional dan juga percepatan pembentukan herd immunity”. tutup Dandim.

Hadir dalam acara lauching penyaluran bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan warung tersebut diantaranya, Wakil Walikota Batam, Dandim 0316/Batam, Danlanal Batam, Danlanud Batam, Kapolresta Barelang, FKPD Kota Batam, Pimpinan Bank BRI Cabang Batam Center Kota Batam dan para Penerima Bantuan Tunai, yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga berakhir pada pukul 13.00 WIB.