liputantoday.com
Berita Aktual Independent
Foto Iklan Atas

Tiba di Lamongan Api Porprov Jawa Timur VI 2019 di Kirab Melalui 10 Kecamatan

82
LiputanToday.com (Lamongan) -, Kirab Api Porprov Jawa Timur VI 2019 yang dibawa dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik dan Surabaya akhirnya tiba kembali di Lamongan, Jumat (05/07) Pukul 10.00 WIB. Obor penyemangat diterima, Ketua Pelaksana, Yuhronur Efendi di wilayah perbatasan Gresik – Lamongan, tepatnya di Jalan Raya Pandan Pancur, Kecamatan Deket.

Api yang diambil dari sumber api abadi Kayangan Api Bojonegoro secara estafet dari Sekkab Yuhronur diserahkan kepada Camat Deket, Djoko. Panatuan tim liputan today para siswa yang lembaga pendidikannya di sepanjang jalan juga menyambut kedatangan api Porprov dengan pengibaran bendera mini mengiringi perjalanan kirab api Porprov VI Jawa Timur.

Informasi dihimpun, di Lamongan, Api Porprov ini dikirab melalui 10 Kecamatan. Yakni Kecamatan Deket, Lamongan, Tikung, Kembangbahu, Mantup, Sambeng, Ngimbang, Kedungpring, Sugio dan Sukodadi. Setelah menyambangi 10 Kecamatan, Api Porprov kemudian diserahkan Yuhronur Efendi didepan Pendopo Lokatantra kepada Bupati Fadeli pada malam harinya.

Sementara dipanggung utama yang diletakkan di Alun-alun Lamongan telah menanti Kaldron untuk dinyalakan Fadeli menggunakan Obor Api Porprov. Di Pendopo Lokatantra, sehari semalam api disemayamkann. pada Sabtu (06/07) Pukul 18.00 WIB, api kembali dibawa keluar dan dibawa lari oleh sejumlah pelari ke Stadion Surajaya dalam prosesi pembukaan Porprov Ke VI.

Di acara pembukaan akan dikerahkan kelompok Paskibraka dan juga marching band. “Dengan porprov ini akan memberikan pembelajaran bagi para siswa untuk mencintai olah raga,” Kata Yuhronur Efendi seusai serah terima obor yang akan padam bersamaan acara penutupan Porprov nanti.

Diketahuu di Stadion Surajaya untuk memulai Porprov yang ke VI yang akan menandingkan 40 cabang olahraga. Pagelaran Porprov VI Jawa Timur ini akan diselenggarakan di empat Kabupaten. Yaitu di Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik. Pembukaan dilakukan mulai tanggal 6 Juli dan bakal diakhiri pada tanggal 13 Juli 2019.

Sebelumnya Porprov Jatim dilakukan setiap empat tahun sekali. Menurut Yuhronur, sesuai yang sudah diteken oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memutuskan Porprov Jawa Timur diperpendek pelaksanaannya menjadi setiap dua tahun sekali. “Berarti diselenggarakan dua tahun lagi pada Tahun 2021,” Kata Yuhronur. (Andik P).

Translate »