liputantoday.com
Berita Aktual Independent
Foto Iklan Atas

Jenderal TNI Andika Perkasa Lakukan Pertemuan Bilateral dengan 6 Kasad Negara Sahabat

954
LiputanToday.Com (JAKARTA) – Selama kunjungan kerjanya ke Bangkok Thailand, selain mengikuti kegiatan IPACC dan IPAMS, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa juga melakukan pertemuan bilateral dengan 6 (enam) Kasad negara sahabat, yakni Brunei Darussalam, Thailand, Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru dan Australia.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya, dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Candra mengatakan bahwa pertemuan bilateral dengan Kasad negara sahabat itu dilaksanakan di sela-sela menghadiri kegiatan _11th Indo-Pacific Armies Chiefs Conference (IPACC XI), 43rd Indo-Pacific Armies Management _Seminar (PAMS XLIII) and 5th Senior Enlisted Leaders Forum (SELF)_ di Hotel Marriott Marquis Queen’s Bangkok, Thailand, Senin dan Selasa (9-10/9/2019).

“Selain menghadiri undangan konferensi Indo-Pasifik di Bangkok Thailand, Kasad juga melakukan pertemuan dengan beberapa Kepala Angkatan Darat sahabat yang mengikuti kegiatan konferensi tersebut,” ujar Candra.

Candra juga menjelaskan bahwa pertemuan tersebut merupakan agenda resmi secara bilateral yang membahas tentang beberapa kerja sama antara TNI AD dengan Angkatan Darat Negara Sahabat.

“Pertemuan bilateral tersebut secara umum membahas tentang peningkatan hubungan kerja sama yang selama ini sudah terjalin dengan baik seperti kerja sama pendidikan maupun latihan,” ujar Candra menambahkan.

Selain itu, menurut Candra, Jenderal TNI Andika Perkasa juga mendapatkan undangan dari beberapa Kasad negara sahabat untuk melakukan kunjungan ke negara mereka.

“Demikian juga sebaliknya, beliau (Jenderal TNI Andika Perkasa) mengundang para Kasad negara sahabat untuk menghadiri ACAMM 2019 di Indonesia”, tegasnya.

Selain membahas tentang peningkatan hubungan kerja sama melalui pertukaran kunjungan, pendidikan dan latihan bersama antar kedua Angkatan Darat, beberapa pembahasan spesifik juga menjadi agenda utama pada setiap pertemuan. Seperti pertemuan dengan Kasad Kanada Lieutenant General Wayne Eyre, MSC, CD, yang mengungkapkan bahwa ketertarikannya untuk mengenal lebih jauh wilayah Asia Tenggara, dimana selama ini tidak menjadi fokus mereka.

Sedangkan pertemuan dengan Kasad Amerika Serikat (General James C. McConville), dikatakan Candra, bahwa Jenderal TNI Andika Perkasa menginginkan jumlah personel TNI AD yang dikirim ke AS dilipatgandakan.

“Dengan mengambil durasi pendidikan/kursus yang lebih singkat dan memberikan harapannya bahwa kerja sama yang terjalin tidak terpengaruh dengan situasi politik dalam negeri,” imbuhnya.

Dijelaskan Candra juga bahwa selain membahas masalah kerja sama, ada beberapa hal spesifik yang dibahas dengan setiap negara, yaitu seperti kerja sama pasukan khusus antara TNI AD dengan Angkatan Darat Selandia Baru.

“Kemudian, penambahan jumlah personel TNI AD yang dikirim ke Amerika, Australia, Kanada dan Selandia Baru untuk mengikuti pendidikan/kursus singkat. Selain itu, keinginan Kasad Kanada untuk mengenal lebih dekat dengan wilayah Asia Tenggara dan diapresiasi oleh Jenderal TNI Andika Perkasa dengan mengundangnya untuk berkunjung ke Indonesia,” pungkasnya. (Red/Barat/Dispenad).

Translate »