LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Untuk pertama kalinya, Kodim 0105/Abar melaksanakan upacara bendera setelah sekian lama vakum akibat wabah virus Corona. Upacara bendera perdana berlangsung di Lapangan Apel Makodim, Jln. lmam Bonjol, Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Rabu (17/3/2021)

Pelaksanaan upacara bendera perdana ini terlihat begitu berbeda dari upacara bendera yang biasa digelar sebelum adanya wabah virus Covid – 19. Mengapa berbeda, menjadi berbeda karena setiap peserta upacara wajib menggunakan masker dan menjaga jarak aman.

Bertindak selaku lnspektur Upacara, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P juga mengutarakan bahwa Upacara ini menjadi special karena selama pandemi Covid – 19, ini baru pertama kali melaksanakan kembali Upacara bendera. Dan semua rangkaian kegiatannya harus sesuai dengan protokol kesehatan.

Dalam amanatnya, Dandim mengisi dengan sosialisasi dan edukasi penerapan protokol kesehatan dan penyalah gunaan narkoba sampai antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

“Pada lntinya ada 3 Cegah, yakni Cegah Corona, Cegah Narkoba dan Cegah Karhutla”, tegas Dandim.

Kendati demikian, Dandim meminta kepada Prajuritnya untuk tetap selalu disiplin protokol kesehatan dimanapun berada. Meskipun sudah dilaksanakan Upacara bendera, namun tidak serta merta melupakan virus Corona.

Upacara bendera ini secara serentak dilakukan kembali di satuan jajaran Korem 012/TU, dengan melihat kondisi pandemi diwilayah yang cenderung konsisten dan tingkat resiko penularannya sangat kecil. Upacara ini juga sekaligus mengajak dan mendorong instansi pemerintah agar kembali melaksanakan Upacara bendera sebagai penghormatan kepada salah satu lambang kedaulatan negara. Namun pelaksanaannya wajib mematuhi prosedur protokol kesehatan.

Usai Upacara, seluruh peserta Upacara melaksanakan latihan – latihan dasar Peraturan Penghormatan Militer (PPM), kemudian berjemur selama 15 menit sebagai upaya pencegahan virus Corona.

Berita Terbaru