, ,

Jabatan Dandim Aceh Barat Resmi Berganti Dari Letkol Kav. Nurul Ke Letkol Inf. Dimar

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Komandan Korem (Danrem) 012/TU Kolonel Inf Djon Afriandi, S.I.P. M.SD.A memimpin serah terima jabatan Komandan Kodim 0105/Abar beserta pejabat lainnya diwilayah Korem 012/TU. Pucuk pimpinan Kodim 0105/Aceh Barat bergulir dari Letkol Kav. Nurul Diyanto S.Pd kepada Letkol Inf. Dimar Bahtera S.Sos. M.A.P bertempat di Aula Mayonif 116/Garda Samudera, Jalan Alue Peuyareng Desa Ujung Tanoh Darat, Senin (10/08/2020).

Letkol Kav. Nurul Diyanto telah menjabat lebih kurang 2 tahun di Kodim 0105/Abar, selanjutnya mendapat kepercayaan menduduki dalam jabatan baru sebagai Kasrem 012/TU, Acara berlangsung khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Secara terpisah, dihadapan seluruh anggota Kodim 0105/Abar Letkol Kav. Nurul Diyanto S.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah bekerjasama dengan baik selama saya bertugas dan telah memberikan yang terbaik bagi satuan ini. Secara hirarki dalam melaksanakan tugas saya sangat bangga kepada anggota Kodim 0105/Abar sampai akhir jabatan saya, sekali lagi saya dan keluarga sangat berterima kasih kepada seluruh anggota Kodim 0105/Abar beserta Ibu-ibu Persit.

Pada kesempatan yang baik ini, kami juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas nama keluarga dan nama pribadi, saya mohon doanya melaksanakan tugas di tempat yang baru, mudah-mudahan kita ketemu lagi dalam kesempatan dalam waktu yang berbeda. (Pendim 0105/Abar/red).

, ,

Babinsa Terjun Langsung ke Sawah Membantu Petani Panen Padi di Desa Binaanya

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Serda Talib selaku Babinsa Posramil 06/Bubon, Kodim 0105/Aceh Barat turun ke sawah untuk membantu warga melaksanakan Panen Padi di Desa Uleu Bakong, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (08/08/2020).

Serda Talib, selaku Babinsa Desa Alue Bakong Kecamatan Bubon ini juga mengatakan agar para petani bersungguh-sungguh dalam menanam dan merawat padi agar waktu panen padi nanti mendapat hasil yang meningkat, oleh karena ini merupakan kebutuhan pokok pangan sehari-hari yang harus kita penuhi karena itu jangan kita bermalas-malasan, ujar Serda Talib.

Ia juga menambahkan pada masa pandemi virus Covid-19 ini hendaknya kita bertambah semangatnya untuk mengantisipasi kelangkaan kebutuhan pangan, Babinsa akan terus memantau dan mendampingi para petani di desa binaannya. “Keberhasilan panen para petani merupakan kebanggaan bagi kami, ini menunjukan bahwa kami telah berhasil dalam pendampingan serta pembinaan kepada para petani dengan terjun langsung kesawah sebagai pendamping petani sekaligus memberikan motivasi kepada petani dalam bercocok tanam hingga masa panen”, harapnya.

Ditempat yang sama, Bapak Subki (48) selaku kelompok Tani di Desa Alue Bakong memberikan apresiasi kepada para personil Koramil khususnya Bapak Babinsa yang langsung terjun kesawah membantu petani, Ia mengatakan sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan motivasi, semangat dan Edukasinya kepada kami selaku petani agar kami mendapat pengetahuan/informasi dan tergugah semangat untuk selalu gigih di setiap saat, pungkas Subki. (red).

, ,

Danramil Arongan; Demi Memutus Penyebaran Covid-19, Lomba HUT RI Ke 75 di Tiadakan

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Kapten Inf. Herinizal, Danramil 08/Arongan Lambalek menghadiri rapat dalam rangka memperingati HUT RI Ke 75 yang dilaksanakan di Aula Camat Arongan Lambalek, Sabtu (08/08/2020).

Rapat tersebut membahas berbagai kegiatan memperingati HUT RI ke 75. Turut hadir Camat Arongan Zulkifli S.Pd, Danramil Arongan, Kapten Inf. Herinizal, Kapolsek Arongan Iptu Alpon dan seluruh Keucik Kecamatan Arongan.

Menurut Zulkifli, S.Pd selaku camat menyampaikan sebaiknya untuk tidak mengadakan lomba apapun dalam memperingati HUT RI tahun ini, dikarenakan masih dalam situasi pandemi covid 19. “Kalau kita paksakan takutnya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tidak terputusnya mata rantai penyebaran covid 19 ini,” ungkapnya.

Hal ini tentu disepakati juga oleh hadirin yang turut serta dalam rapat. Mereka sepakat untuk tidak mengadakan lomba apapun demi memutus mata rantai penyebaran covid 19. Namun upacara akan tetap dilakukan secara simbolis di kantor camat dengan membatasi jumlah peserta.

Tidak adanya lomba dan berbagai kegiatan yang biasa kami adakan untuk menyambut HUT RI juga selain dikarenakan pandemi covid 19, memutus rantai penyebarannya tentu juga sebagai bentuk kewaspadaan kita karena beberapa pekan lalu ada pendatang dan pekerja yang baru saja tiba dari zona merah.

“Jadi ini bentuk kewaspadaan bersama demi memutus penyebaran covid 19”, ungkap Kapten Herinizal kepada media center. (red).

, ,

Truk Batalyon Stanbay Jemput Satgas TMMD 108 Kembali ke Homebase

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Berakhirnya TMMD Reg 108 Kodim 0105/Aceh Barat, Anggota Satgas siap kembali ke Batalyon masing-masing. Truk dari Batalyon yang anggotanya tergabung dipelaksanaan program TMMD Reg Ke 108 sudah standby untuk menunggu pelepasan dari Kodim 0105/Aceh Barat, Rabu (29/07/2020).

Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav. Nurul Diyanto S.Pd selaku Datsatgas TMMD Ke 108 mengatakan dari Batalyon 116/GS mendatangkan 2 truk untuk membawa anggotanya sebanyak 1 SSK (satuan setingkat Kompi) serpas (Pergeseran pasukan) menuju maskas mereka di Alue Peuyareng, Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat.

“Saya pribadi dan Kodim 0105/Aceh Barat sangat berterima kasih atas kinerja yang ditunjukkan Anggota Satgas baik dari Batalyon 116/GS maupun anggota Kodim 0105/Aceh Barat, kalian adalah prajurit-prajurit hebat, hati-hati dalam Serpas Pasukan dan sampaikan salam saya untuk keluarga”, ucapnya.

Sebelum dilepas mereka harus menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sesuai dengan protokol kesehatan untuk memastikan prajurit dalam keadaan sehat dan terhindar dari Virus Covid-19. Semoga mereka para prajurit sampai ke Batalyon 116/GS mereka dengan selamat dan dapat bertemu kembali dengan istri anak dan keluarganya masing-masing. (Pendim 0105/Abar).

, ,

TMMD 108 Kodim 0105/Abar Resmi Ditutup, Warga Diharapkan Menjaga Karya TNI

LiputanToday.Com/Terkini (Aceh Barat) – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat resmi ditutup hari ini, Rabu (29/7/2020) setelah berjalan selama 30 hari.

Penutupan TMMD ke 108 tidak dilakukan sebagaimana biasanya dengan upacara dilokasi TMMD yang disaksikan oleh masyarakat, namun dengan adanya pandemi covid-19, penutupan dilaksanakan di aula Kodim 0105/Aceh Barat dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 108 tahun 2020 Kodim 0105/Aceh Barat di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat telah rampung 100 % sebelum penutupan.

Acara penutupan TMMD ini turut dihadiri oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS, berserta unsur Forkompinda Aceh Barat dan juga turut hadir Letkol Arm Drs. Rusmansyah mewakili Danrem 012/TU serta Wadandenpom IM/2.

Dandim 0105/Abar Letkol Kav. Nurul Diyanto S. Pd selaku Dansatgas TMMD ke 108 pada acara penutupan memaparkan hasil dari pelaksanaan TMMD yaitu sasaran fisik dari penerobosan jalan, pembuatan parit kiri kanan jalan serta pembuatan satu unit box culvert dengan hasil 100%.

“TNI Manunggal Membangun Desa sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementrian atau lembaga pemerintah non kementrian dan pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah tergolong tertinggal, terpencil dan dan daerah lain yang terkena akibat bencana,”ucap Dansatgas TMMD membaca amanat Pangdam IM.

Bupati Aceh Barat pada sambutan penutupan TMMD menuturkan, TNI Manunggal Membangun Desa merupakan wujud pengabdian TNI dan dengan Kementrian bersama Lembaga-lembaga Negara untuk membantu mempercepat pembangunan di Daerah guna mewujudkan Kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

Oleh Karena Itu, atas nama masyarakat dan Pemerintah kabupaten Aceh Barat kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan TMMD di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, yang merupakan salah satu desa yang masih sulit diakses transportasi.

Namun dengan TMMD ini telah membuka akan keterisoliran masyarakat, sehingga diharapkan ekonomi masyarakat dapat bergerak.

“Saya mengucapkan terima kasih keρada Komandan Korem 012/Teuku Umar dan Kodim 0105/Aceh Barat beserta jajaran yang telah membangun bersama Masyarakat, dengan TMMD ini sangat dirasakan manfaatnya langsung oleh warga setempat, terutama terkait Infrastruktur jalan, dan tak kalah penting adalah pembangunan mental dan semangat gotong-royong masyarakat oleh Prajurit TNI yang bertugas selama TMMD dilaksanakan”, tutup H. Ramli. (Pendim 0105/Abar).

, ,

Yel-Yel Puluhan Personil Satgas TMMD 108, Pertanda Segera Berakhirnya Progres Kegiatan di Desa Lango

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Puluhan personil yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat melaksanakan apel pengecekan dilanjutkan dengan Yel-Yel penyemangat. Ini Pertanda kegiatan TMMD Ke 108 di Dusun Trans Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat ini akan segera berakhir dan mereka kembali ke Satuannya dan bisa berjumpa dan berkumpul kembali dengan keluarga disatuannya nanti, Selasa (28/07/2020).

Letda Inf. Sandi Priyono selaku Danton satgas TMMD ke 108 memimpin Apel pengecekan personil dan jalannya yel-yel tersebut. Dengan sigap ia meneriakkan kata pembuka yel-yel, dengan cepat dan lantang, seluruh anggota meneriakkan yel-yel satuan yang merupakan cermin semangat setiap satuan di jajaran TNI.

Dikatakannya, bahwa dengan melaksanakan apel pengecekan dan yel-yel pertanda akan segara berakhirnya kegiatan program TMMD ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat pada masa pandemi virus Covid-19 yang hanya tinggal satu hari lagi, akan menambah semangat bagi seluruh anggota Satgas. Bahkan semangat warga di sekitar Dusun Trans Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen yang ikut melihat dan mendengarkannya pun ikut terbakar.

“Ini untuk membakar semangat prajurit dan warga agar terus mengingat semangat satgas TMMD ke 108 yang bekerja tampa pamrih tidak menerima imbalan apapun jiwa raganya terpanggil untuk mempertahankan dan membangun NKRI demi terwujudnya rasa aman serta kemajuaan bagi rakyat karena ibu kandung TNI berasal dari Rakyat, Agar rasa lelah dan capek selepas bekerja lebih kurang satu bulan berganti dengan semangat yang berkobar, ungkap Letda Sandi Priyono selaku Danton Satgas TMMD ke 108 selepas memimpin yel-yel di lapangan apel. (Pendim 0105/Abar).

, ,

Usai Sholat Isya Berjama’ah Satgas TMMD 108 Berikan Bantuan ayat Suci Al-Quran

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Menjelang berakhirnya pelaksanaan kegiatan program TMMD Ke 108 yang hanya tinggal satu hari lagi (H- 1) Personil yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke 108 TA. 2020 Kodim 0105/Aceh Barat melaksanakan Sholat Isya berjamaah bersama warga di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Usai Shalat Isya berjamaah dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa kitab suci Al-quran oleh Koorlap TMMD Kapten Inf Hendra Saputra di dampingi Dan SSK Satgas TMMD Letda Inf. Sandi Priyono, mewakili Dansatgas TMMD Reguler ke 108 TA. 2020 Kodim 0105/Aceh Barat Letkol Kav. Nurul Diyanto S.Pd yang diterima langsung oleh pengurus Masjid sekaligus Imam Mesjid Nurul Huda Tgk Musliadi di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (28/07/2020).

Tgk Musliadi (58) mengatakan “Saya sebagai pengurus dan imam Mesjid Nurul Huda di Desa Lango mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada TNI dan Pemerintah Daerah (Pemkab) Aceh Barat dalam hal ini telah memberi sumbangsih atau bantuan berupa kitab suci Al-quran. Apalagi saya lihat cetakan nya dari satgas TMMD ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat, Semoga berkah dan bermanfaat,” ujarnya.

Sementara Keucik Desa Lango, T. Yusmiba menyebutkan, dirinya mewakili masyarakat di Dusun Trans Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, mengucapkan banyak terimakasih, karena program TMMD ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat yaitu pembangunan berupa jalan baru sepanjang 2.200 meter dan pembuatan jembatan Box Culvert penghubung antara dua desa tersebut banyak sekali manfaat positif nya yang didapat dan sangat membantu perekonomian bagi masyarakat setempat.

“Program TMMD ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat sangat bermanfaat dan membantu masyarakat di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, seperti misalnya pembuatan sarana akses jalan baru sepanjang 2.200 meter yang menghubungkan Desa Antong, Kecamatan Panton Reu tembus ke Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen di Kabupaten Aceh Barat yang biasanya susah dilewati apalagi bila musim hujan tiba menghabiskan waktu sampai 1-2 jam, Sekarang bisa dilewati dengan aman dan hanya 15-20 menit saja,” jelasnya. (Pendim 0105/Abar).

, ,

Progres Pengerjaan Box Culvert TMMD Kodim 0105/Abar Capai 95%

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Tinggal menghitung hari TMMD Ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat akan segera selesai, memasuki H-3 pengerjaan satu unit box culvert telah mencapai 95% yang bertempat di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Senin (27/07/2020).

Koorlap satgas TMMD Kodim 0105/Abar Kapten Inf Hendra Saputra mengatakan, Pengerjaan box culvert sudah mencapai progres 95%, dalam beberapa hari kedepan ini kita akan melaksanakan finishing sehingga box culvert sudah bisa dimanfaatkan oleh warga untuk membawa hasil kebun ataupun berkebun”, ucap Kapten Hendra.

“Satgas TMMD bersama warga telah membangun box culvert dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada. Dilihat secara fisik, pembangunan box culvert ini kelihatan rapi dan kualitasnya sangat kuat,” tutup Kapten Hendra.(Pendim 0105/Abar).

, ,

H-3 Satgas TMMD Ke 108, Terus Kebut Penimbunan Jalan Baru Sepanjang 2.200 M

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Pekerjaan jalan baru sepanjang 2.200 Meter terus dikebut pelaksanaannya dilakukan oleh TNI menjelang berakhirnya pelaksanaan TMMD Reguler Ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat, di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Senin (27/07/2020).

Salah satu target program TMMD ke 108 yang menjadi pokok utama sasaran hari ini diantaranya penimbunan dan peratan badan jalan sepanjang 2.200 meter yang menjadi jalan penghubung antara Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen dengan Desa Antong, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, yang akan berakhir pada akhir Juli 2020 mendatang.

Kapten Inf. Hendra Saputra menjelaskan, Selaku Koorlap TMMD Reg ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat progres pembangunan jalan baru dan jembatan Box Culvert TMMD ke 108 itu sudah mencapai hasil maksimal 90% lebih, dan diharapkan satu dua hari kedepan akan rampung sesuai dengan yang sudah ditentukan. Dengan dibangunnya jalan baru sepanjang 2.200 meter dan jembatan box Culvert penghubung ini dapat bermanfaat bagi kemajuan perekonomian bagi masyarakat di Dusun Trans Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, ujarnya.

”Ia yakinkan akan rampung sebelum menjelang berakhirnya program TMMD ke 108 TA. 2020 Kodim 0105/Aceh Barat, dengan hasilnya yang telah disesuaikan dengan rencana” tandas Kapten Hendra Saputra. (Pendim 0105/Abar).

,

Jelang Penutupan TMMD Ke 108, Warga Desa Lango Kehilangan Momen dan Kebersamaan TNI

LiputanToday.Com (Aceh Barat) – Menjelang penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang Ke 108 Tahun 2020 di Dusun Trans Desa Lango, Warga mulai merasa kehilangan. Keakraban yang selama ini terbangun TNI dengan Masyarakat seakan tidak pernah kembali lagi.

Persiapan penutupan TMMD Ke 108, Suasana haru mulai terlihat dari raut wajah anak-anak dan masyarakat yang selama ini terbiasa bercengkarama disela-sela kegiatan pelaksanaan progran TMMD ke 108 di dusun Trans Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat. Senin (27/07/2020).

Telihat jelas dari raut wajah Ibu angkat Pratu Wempy satgas TMMD ke 108 Misriani (47) dan anaknya, salah satu warga di dusun trans desa Lango yang rumahnya tidak jauh berdekatan dengan anggota satgas TMMD ke 108 yang tinggal menginap selama satu bulan pelaksanaan TMMD, mengatakan, Keberadaan TNI di desanya memberikan kesan istimewa bagi warga desa Lango.

“Karena selama ini kami terbiasa bercanda ria di sela-sela kesibukan kegiatan terlebih pada momen makan bersama dengan satgas TMMD Reg ke 108 TA. 2020 di Desa Lango, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

“Kami sangat berterimakasih kepada TNI, kerena banyak hal yang bermanfaat bagi kami selama kegiatan TNI disini” ungkap Misriani warga dusun Trans desa Lango.

Setelah TMMD ke 108 selesai, Ia meminta pihak anggota satgas TNI sering-sering berkunjung ke desa mereka, semoga silaturrahmi yang sudah terbangun selama ini tetap terjaga di masa pandemi virus Covid-19 saat ini. harapnya.

“Terimakasih atas kerjakeras Bapak TNI yang telah membangun jalan dan jembatan penghubung antar Desa Lango Kecamatan Pante Ceureumen dengan Desa Antong, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, kami berharap kepada Bapak TNI agar kebersamaan yang selama hampir satu bulan ini terjalin, dan telah membantu kesulitan kami, baik membangun jalan, dan kegiatan lain yang sangat bermanfaat bagi kemajuan perekonomian dan kegiaatan sehari-hari warga dengan melalui jalan yang telah di bangun dalam kegiatan program TMMD ke 108 Kodim 0105/Aceh Barat di dusun Trans Desa Lango”, tambahnya. (Pendim 0105/Abar).