liputantoday.com
Berita Aktual Independent
Foto Iklan Atas

★★ DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 74 TAHUN ★★

Simulasi Peradilan Semu Mahasiswa Universitas Terbuka Semarang

357
LiputanToday.com (Kendal) – Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka Semarang, melaksanakan Praktek Pengalaman Beracara (PPB) oleh Kelompok Belajar (Pokjar) Bhayangkara Kendal yang diikuti 30 Mahasiswa/I dari anggota Polri aktif yang berdinas di satuan Polres Kendal. Selasa (28/05/2019).

Dalam kegiatan PPB tersebut, salah satu mahasiswa melakukan latihan simulasi praktek beracara yaitu melaksanakan peradilan semu. Selain itu mereka juga diberikan pembinaan untuk menjadi Hakim, Jaksa, Penasehat Hukum, Saksi dan Terdakwa.

Kegiatan latihan praktek peradilan semu, diharapkan mahasiswa mengerti dan memahami proses beracara dengan baik atas perkara pidana maupun perkara perdata.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1 B Kendal, Betsji Siske Manoe SH, MH., beliau juga selaku pembimbing kegiatan PBB, Kurniawan Wijonarko SH, MH dan Ari Gunawan SH, MHum, Hakim dan juga selaku instruktur pidana/perdata.

Dengan adanya kegiatan PBB ini, sangat membantu bagi mahasiswa/i telah diberikan pembelajaran dan ilmu yang sangat bermanfaat.

Pengurus pokjar, Dr. Anwar Sodik SH, MA, MH, berharap dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiswa/i dapat memahami proses persidangan.

“Praktek Pengalaman Beracara (PBB) tersebut diharapkan semua mahasiswa tahu dan mengerti proses persidangan di pengadilan negeri,” terang Dr. Anwar.

Dalam kegiatan ini, Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Hukum, Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka Semarang dilatih untuk memerankan dirinya dalam proses kegiatan peradilan.

Adapun peranan yang diperankan kepada Mahasiswa/i yang melaksanakan praktek pengalaman beracara simulasi peradilan semu khusus perkara pidana yaitu, ada yang menjadi sebagai Hakim Ketua, Hakim Anggota I, Hakim Anggota II, Panitera, Jaksa/Penuntut Umum (JPU), Penasehat Hukum (PH), Terdakwa, dan Saksi, sementara untuk kasus Perdata ada Penggugat dan ada Tergugat.

Disamping itu dalam kegiatan tersebut, selain memainkan peran juga dikenalkan kepada Mahasiswa/i mengenai Atribut Pengadilan yang berwujud Pakaian Hakim, Jaksa, Penasehat Hukum, Palu, Meja Hijau, Kursi Terdakwa, cara duduk, dan lain sebagainya. (Febri).

Foto Iklan 970*300
Translate »