, ,

Terharu Anak Dampingi Ibu, Pasien Covid-19 Usia 84 Sembuh di Rumkital dr FX Soehardjo Ambon

LiputanToday.Com (Ambon) – Rumah sakit TNI angkatan Laut Lantamal IX (Rumkital) dr FX Soehardjo Ambon menyatakan 2 pasien sembuh dan terkonvirmasi negatif Corona virus Disease 2019. Jumat (05/06/2020).

Di usia 84 tahun Ny LH berhasil sembuh dari Covid-19, Mungkin ini merupakan pasien Covid tertua di Ambon-Maluku dan mungkin se Indonesia dengan penyakit penyerta. Diantaranya fostruk dan imobilisasi atau disebut kelompok penyakit di usia lanjut, biasa disebut sindroma geriatrik dan untuk aktivitas sehari-hari perlu asistensi guna memenuhi kebutuhan baik pribadi maupun tambahan.

Pasien ini bisa tertangani dengan baik karena mengikuti protocol terkait penanganan covid dan didampingi Anaknya Nn. MH yang merupakan pasien ke dua.

Sedangkan Nn. MH sendiri awalnya bukanlah pasien Covid di Rumkital dr. Fx Soharjo. Dia merupakan anak dari Ny. LH, namun karena sang ibu yang sudah tua dengan keterbatasan fisik maka dia bertekat mendampingi sang ibu dan mengambil resiko dengan bisa tertular Virus.

Dengan pertimbangan tersebut Protocol Covid juga diterapkan pada yang bersangkutan. Menariknya dengan disiplin melaksanakan protokol Covid-19 Nn. MH tidak tertular virus tersebut. Dengan pendampingan keluarga terdekat secara emosional bisa memberikan hasil yang luar biasa untuk kesembuhan pasien.

Menurut keterangan, Karumkital R.S dr. F.X. Soehardjo Mayor laut (KH) dr. Satrio Sugiharto M,Sp.PD menyampaikan terlepas dari perawatan di rumah sakit dukungan moril dari lingkungan juga diperlukan untuk kesembuhan pasien.

Bila kita sudah terapkan prosedur dan ketentuan protocol Covid-19 juga sudah dipatuhi, maka hal ini bisa meminimalisir dampak pada keluarga ataupun perawat yang melaksanakan pelayanan kesehatan.

Semoga Pendemik Covid segera selesai dan untuk tenaga medis tetap semangat sebagai garda terdepan dalam perjuangan Covid-19. Kepada pasien sembuh selamat kembali ke keluarga dan tetap laksanakan protocol kesehatan, “Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan slesai kegiatan luar ganti baju senta mandi bersih”.(Dispen Lantamal IX/Navi/red).

, ,

Persiapan Latsitardanus 2020, Taruna AAL Terima Pembekalan Walikota Bitung

LiputanToday.Com (Surabaya) – Menjelang Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) Ke-40 Taruna Akademi TNI tahun 2020, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-65 menerima pembekalan Walikota Bitung, Sulawesi Utara, Maximilian Jonas Lomba, Rabu (11/3).

Kedatangan Walikota Bitung yang nantinya akan menjadi daerah pelaksanaan Latsitardanus 2020 ini, diterima Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E. M. M, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Seklem, para Pejabat Utama AAL dan Taruna Tingkat IV Ankatan ke-65.

Tampak mendampingi kunjungan Kerja Wali Kota Bitung, Dandim Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Danyon Marhanlan VIII Lantamal Menado, Letkol Marinir Nandang Permana, Asisten l, Frangky Lady, Kabag Umum,Theo Rorong, Kabag Protokol, Albert Sergius dan Kabagkesbangpol, Oktovianus Tumundo Usai penerimaan dan foto bersama di Depan Gedung Mako R. Suebijakto, Gubernur dan Walikota menuju Auditorium Mandalika, Komplek Kihajar Dewantara, AAL untuk pelaksanaan pembekalan Walikota Bitung kepada Taruna Tingkat IV.

Gubernur AAL menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Walikota Bitung beserta jajarannya yang telah meluangkan waktu untuk hadir memberikan pembekalan dan pencerahan tentang pengenalan budaya dan kearifan lokal serta ciri khas daerah Bitung kepada calon peserta Lasitardanus XL tahun 2020 Taruna/taruni Tingkat IV Angkatan ke-65 AAL.

Menurut Gubernur AAL, para Taruna Angkatan ke-65 yang akan melaksanakan Latsitardanus kedepan ini, juga sedang berada pada kondisi latihan Magang di atas kapal dan pasukan untuk memberikan gambaran peneugasan yang segera mereka hadapi pasca Prasetya Perwira yang rencana akan dilaksanakan Juli 2020 mendatang.

Latsitardanus tahun ini lanjutnya, merupakan kegiatan kurikulum integratif taruna Akademi TNI bersama dengan Akpol dan Praja IPDN serta mahasiswa dari beberapa universitas yang dilaksanakan menjelang akhir pendidikan Taruna Tingkat IV.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan jiwa dan semangat integrasi, meningkatkan etika moral kejuangan taruna sebagai upaya membangun soliditas TNI serta sebagai bekal bagi Taruna/i Tingkat IV dalam menyongsong tugas dimasa yang akan datang.

“Kepada para Taruna/i AAL, saya perintahkan, simak dan perhatikan betul-betul pembekalan yang akan diberikan oleh bapak Walikota Bitung, karena saya yakin akan sangat berguna bagi kalian untuk dijadikan sebagai pedoman selama melaksanakan kegiatan latsitarda nantinya,” pinta Gbernur AAL.

Sementara itu Walikota Bitung, menjelaskan dengan gambling dan detil tentang daerah yang dipimpinnya. Ia memulai dengan menjelaskan sejarah, penduduk, luas wilayah, demografi, sosial budaya, prestasi, potensi dan program-program unggulang yang telah, sedang dan akan dilakukan dalam kepemimpinnya dan diakhir pembekalannya, Walikota memberi kesempatan Taruna untuk bertanya seputar materi yang diberikan.

, ,

Tips Cegah Corona, Personel AAL Diingatkan Jaga Etika Pergaulan Hingga Cuci Tangan

LiputanToday.Com (Surabaya) – Untuk tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat tentang Virus Corona, Akademi Angkatan Laut (AAL) kembali mengingatkan personelnya untuk tenang, menjaga etika dalam pergaulan hingga mengedukasi kembali cara cuci tangan yang benar untuk mencegah penyebaran virus ini.

Lettu Laut dr. Khrisma Yanu Arsyayudha dari Subditkes AAL kembali menyosialisasikan tentang upaya upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid 19 ini, kepada seluruh personel yang digelar di Lapangan Banda, Mako AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (10/3).

Hal ini sesuai dengan instruksi Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. untuk mengedukasi personel AAL tentang Covid 19, Sehingga bisa melakukan pencegahan untuk diri sendiri, keluarga maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut dr. Yanu, Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019 lalu. Virus ini menular dengan cepat dan telah.menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara.

Corona virus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Coronavirus mempunyai masa inkubasi virus 2-14 hari hingga munculnya gejala, koronavirus menyebabkan gejala penyakit saluran nafas atas dan bawah dengan gejala utama seperti batuk, pilek, radang tenggorokan, pembesaran kelenjar adenoid/kelenjar getah bening, bronkitis, pneumonia serta sesak nafas.

Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Sampai saat ini lanjutnya, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah tetap tenang, jangan panik dan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan terinfeksi virus ini serta menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga dan lingkungan.

Ada beberapa cara untuk mencegah terjangkit penularan virus Corona, jelas dr. Khrisma, yaitu mengkomsumsi makanan bergizi yang berfungsi sebagai zat pembangun dan memperbaiki sel/jaringan tubuh kita yang rusak, tambahan suplemen vitamin untuk menunjang status imun kita.

Kemudian olahraga teratur membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih aktif dalam membunuh kuman penyakit yang masuk kedalam tubuh.

“Hindari tempat keramaian dan tertutup, penyebaran virus Corona dapat dengan mudah terjadi bila berada di tempat keramaian. Virus ini dapat mati oleh sinar matahari langsung yang mengandung sinar ultraviolet A dan B,” ungkap dr. Khrisma.

Perhatikan etika batuk, lanjutnya, pemakaian masker diutamakan untuk orang yang menderita infeksi virus Corona dan orang yang kondisi tubuhnya sedang lemah.

Kemudian jangan membuang ludah, lendir maupun dahak disembarang tempat serta usahakan selalu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir guna mencegah penyebaran infeksi virus Corona. (Red).

, ,

115 Taruna Taruni AAL Tingkat l Selesai Latihan Praktek Sea Survival

LiputanToday.Com (Surabaya) Setelah sepekan belangsung, Latihan Praktek (Lattek) Sea Survival bagi 115 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat l Angkatan Ke – 68 rampung dilakukan, hal tersebut ditandai dengan Upacara Penutupan Lattek yang dipimpin Kepala Departeman Pelaut (Kadeppel) Letkol Laut (P) Awang Bawono, S.E., MM., M.A.P. beberapa waktu lalu. Minggu (08/03/2020).

Menurut Kadeppel, Upacara Penutupan yang digelar di Gedung Bawean Deppel AAL, Bumimoro, Surabaya ini, adalah tanda berakhirnya Lattek Sea Survival yang diselenggarakan Departeman Pelaut (Deppel) selaku Prodi Manajemen Pertahanan Matra Laut bagi 115 Taruna Tingkat l Angkatan Ke – 68.

Lattek Sea Survival kali ini lanjut Kadeppel, telah dilaksanakan selama lima hari dari mulai tanggal 2-6 Maret 2020 dengan menggunakan fasilitas latihan di kolam renang Jala Kridha Tirta AAL selama empat hari dengan materi pendalaman teori, uji ketahanan di air dan praktek di kolam renang.

Kemudian untuk tahap lanjutan praktek dilaksanakan di Kombasin Koarmada II, Ujung, Surabaya selama satu hari di bawah bimbingan pelatih dari Dinas PenyelamataBawah Air (Dislambair) Koarmada II.

Seperti pada Protokol 1988 tentang Convention for Safety of Life at Sea 1974 (Solas) yang diratifikasi melalui Keputusan Presiden Nomor 65 Tahun 1980, Kadeppel menegaskan bahwa pelatihan ini perlu dilaksanakan dan merupakan tahapan awal untuk Taruna Tingkat I agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan diri saat menghadapi situasi kedaruratan sebelum melaksanakan praktek berlayar di KRI,” jelas Kadeppel.

Dengan berakhirnya kegiatan Lattek ini lanjut Awang, lembaga pendidikan AAL berharap kepada seluruh Taruan AAL Tingkat I memiliki pengetahuan, keterampilan dan percaya diri pada saat menghadapi resiko dan beragam situasi darurat seperti orang jatuh ke laut (Man Over Boat), cuaca buruk hingga peran peninggalan kapal.

“Untuk itu sebelum berakhirnya Lattek ini, saya mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E.,M.M. menyampaikan terimakasih kepada seluruh staf latihan dan para taruna atas terselenggaranya Lattek ini, semoga Lattek ini dapat bermanfaat dalam kedinasan nantinya,” pungkasnya. (Kabagpen AAL, Mayor Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos/Red).

, ,

Seakan di Kapal Perang, Taruna AAL Korps Teknik Lattek di Laboratorium Real Engine Simulator

LiputanToday.Com (Surabaya) – Memasuki hari Ke 18 ini, suasana Latihan Praktek (Lattek) Sistem Pengendalian Mesin (Sisdalsin) bagi Taruna AAL tingkat lV Korps Teknik angkatan Ke – 65 dibuat seakan berada di kapal perang, Mereka melaksanakan lattek di Laboratorium Real Engine Simulator, Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Kodiklatal, Surabaya, Jumat (28/2).

Menurutnya Kadeptek, Lattek ini diikuti 14 orang Taruna dan direncanakan berlangsung selama 30 hari sejak tanggal 4 Februari hingga 2 Maret 2020 mendatang.

Selama di Laboratorium Real Engine Simulator Pusdiktek, para Taruna diberikan materi simulasi layaknya di kapal perang (KRI), dan dibekali latihan prosedur pengoperasian dan maintenance motor pokok, motor diesel generator dan mesin bantu kapal.

“Sejak pagi mereka telah melahap berbagai materi latihan, dimulai dengan latihan praktek persiapan kapal berlayar dan bertempur berupa penyiapan diesel generator, pergantian aliran darat ke aliran kapal dan pararel diesel generator,” terang Kepala Departeman Teknik (Kadeptek) AAL, Letkol Laut (T) Muhammad Suprapto, S.T.

Sedang pada siang harinya lanjut Kadeptek AAL, mereka melaksanakan praktek operasional kapal saat berlayar meliputi penjurnalan pesawat-pesawat, komunikasi pelaporan ruang mesin dengan ruang kontrol mesin dan diakhiri dengan latihan praktek pengoperasian kapal peran muka belakang (Selesai Berlayar).

“Dalam lattek kali ini, disetiap akhir latihan per harinya selalu dilakukan evaluasi kegiatan dan penyampaian rencana kegiatan hari berikutnya,” ungkap Kadeptek AAL.

Lattek di Laboratorium Real Engine Simulator Pusdiktek Kodiklatal ini lanjut Kadeptek AAL, merupakan tempat terakhir pelaksanaan Lattek Sisdalsin bagi Taruna AAL tingkat lV Korps Teknik angkatan ke – 65 ini.

Sebelumnya para Taruna AAL Korps Teknik ini telah melaksanakan latihan di Laboratorium Control Base Training & Computer Base Training dan Hard Mimic Departemen Teknik AAL serta di Laboratorium Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Kodiklatal. pungkasnya. (Kabagpen AAL).

, , ,

Gubernur AAL; RAT, Moment Penting Evaluasi Pelaksanaan Proker Setahun Lalu

LiputanToday.Com (Surabaya) – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primkopal Akademi Angkatan Laut (AAL) merupakan moment yang sangat penting dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program kerja (Proker) setahun yang lalu.

Hal tersebut disampaikan Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. saat membuka Rapat Anggota Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Primkopal AAL Tahun Buku 2019 di gedung Maspardi, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Rabu (26/2).

Selain itu, kata Gubernur AAL yang juga selaku Pembina Primkopal AAL, RAT ini juga merupakan wahana untuk menampung dan mewadahi ide dan pemikiran aspiratif para anggota Primkopal AAL dalam mencari solusi terbaik bagi pemecahan masalah yang dihadapi.

Hal ini lanjutnya, sekaligus dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam merumuskan program-program, kebijakan dan langkah-langkah strategis Primkopal AAL kedepan dengan bertitik tolak pada hasil evaluasi tahun lalu.

“Pada era globalisasi yang ditandai dengan persaingan bisnis yang semakin kompetitif, dibutuhkan kemampuan, keuletan, kejujuran, jiwa entrepeneur, inovasi dan kreatifitas yang tinggi dari seluruh pengurus Primkopal AAL,” ungkap Gubernur AAL.

Juga menegaskan bahwa Primkopal AAL harus mampu bersaing dan mengambil langkah-langkah terobosan guna mencari peluang usaha baru yang lebih produktif dan bernilai tambah, sehingga tidak selamanya menjadi sub dari pengusaha besar, karena dengan cara inilah akselerasi kesejahteraan anggota dapat lebih baik. ucap Edi, sapaan akrab Gubernur AAL ini.

Sementara itu Ketua Primkopal AAL Mayor Laut (S) Febry S. Manaman, S.E. dalam laporan perkembangan Primkopal AAL tahun buku 2019 menyampaikan secara umum semua kegiatan dalam perencanaan telah terlaksana sesuai Rencana Kerja (RK) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) Primkopal AAL tahun buku 2019.

“Dari aspek permodalan, modal kerja meningkat dibanding tahun sebelumnya, namun demikian, kami masih belum bisa memenuhi tuntutan anggota yang menginginkan indeks pinjaman sama dengan bank umum,” kata Keprimkopal AAL dalam laporannya.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan voucher belanja di Primkopal AAL kepada anggota koperasi dengan simpanan sukarela terbanyak dan belanja toko terbanyak masing-masing dua personel.

Selain itu juga diserahkan voucher belanja kepada Satker AAL yang berbelanja terbanyak di toko Primkopal AAL, yakni Satker Depjas, Ditpers dan Deppim AAL.

Voucher belanja diserahkan oleh Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. kepada para Kasatker terpilih.

Pada kesempatan tersebut Gubernur AAL memberikan penghargaan dan bingkisan kepada personel AAL dengan kepesertaan terlama sebagai anggota Primkopal AAL yaitu Kapten Laut (KH) Wahyudi, Serma Mus Didik Sumarlin, Kopka Mes Narno, PNS Suwarto, PNS Sih Winarni, PHL Adi dan PHL Yuliana.

Dalam RAT yang bertema “Dalam Rangka Mewujudkan Usaha Mandiri, Kita Tingkatkan Profesionalisme Pengawak Kopal Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Kopal Beserta Keluarganya” ini, dihadiri Kabid Koperasi Dinas Koperasi & UMKM Novi Dirmansyah, Kabid Pelatihan dan Kelembagaan Dekopinda Surabaya Dra. Endang Pudyasrini, M.Pd, pejabat utama AAL serta pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL. (Red/Kabagpen AAL).

, ,

Sepekan, 20 Taruna AAL Tingkat IV Korps Marinir Latihan Praktek Bajra Yudha di Kesatrian Pasmar-2

LiputanToday.Com (Surabaya) – Sepekan kedepan, 20 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Koprs Marinir Angkatan ke-65 melaksanakan latihan dan Praktek (Lattek) Bajra Yudha yang digelar di Kesatrian Sutedi Senaputra dan Kesatrian Soepraptono, Pasukan Marinir (Pasmar-2) Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan Kepada Departemen Marinir (Kadepmar) AAL selaku Pimpinan Lattek Bajra Yudha Tahun 2020, Kolonel Marinir Teddy Yulianda Bakri saat meninjau Lattek Taruna Korps Marinir di Kesatrian Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Selasa (25/2/2020).

Menurut Kadepmar AAL, tujuan Lattek ini adalah untuk membekali pengetahuan dan keterampilan terbatas tentang material tempur, kemampuan dan batas kemampuan serta metode pengerahan satuan kesejantaan Korps Marinir sebagai bekal dalam penugasan nantinya di satuan Resimen Artileri, Resimen Kavaleri dan Resimen Bantuan Tempur Korps Marinir.

Sedangkan sasaran Lattek yang digelar sepekan, mulai tanggal 24-28 Februari 2020 ini lanjutnya, diharapkan Taruna Tingkat IV Korps Marinir Angkatan ke-65 dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan terbatas mengenai material tempur, kemampuan dan batas kemampuan serta metode pengerahan satuan kesenjataan Marinir.

Lattek Bajra Yudha bagi Taruna AAL tingkat akhir yang melibatkan 22 pelatih dari Pasmar-2 ini, akan melahap berbagai materi yang sifatnya pengetahuan berupa Karakterisitik Material Kavaleri, Artileri dan Banpur Marinir, maupun drill teknis dan taktis di Resimen Artileri berupa Senjata dan Gerakan Taktis Senjata Arhanud BVP-2, Gerakan Artileri Medan (GAM) dan Gun Drill RM 70 Grad dan RM Vampire serta GAM dan Gun Drill Howitzer 105 mm LG1 MK ll.

Sementara itu drill teknis dan taktis di Resimen Kavaleri berupa Pergerakan Tank dan Kerjasama Infanteri dan Tank (KSIT) di Yon Tankfib-2 Mar, pengerahan Ranratfib (RRF) dan Infantery Mekanis di Yon RRF -2 Mar, serta Pengerahan K-6, Embarkasi dan Debarkasi material di Kapa -2 Mar.

Sedangkan drill teknis dan taktis di Resimen Menbanpur berupa Yon Angmor-2 Mar konvoi kendaraan, Yon Zeni -2 MarKontruksi dan Denkontruksi, Yon Bekpal -2 Mar gelar Dapur Lapangan dan Harkan material, Yon Komlek -2 Mar gelar Komunikasi Lapangan, Yon Pom – 2 Mar Tatiblin dan penanganan tawanan perang, Yon Kes – 2 Mar gelar Rumkit Lapangan dan Medevac.

Mengingat banyaknya material yang diberikan guna memberikan gambaran yang utuh pada Taruna AAL Korps Marinir tentang Kesenjataan Marinir ini lanjutnya, maka tempat latihannya pun dilakukan di tempat sebenarnya, yaitu di Resimen Artileri-2 Mar dan Resimen Banpur-2 Mar di Kesatrian Sutedi Senaputra, Karangpilang dan Resimen Kavaleri -2 Marinir di Kesatrian Soepraptono, Ujung Surabaya. (Red).

, ,

Jaga Keamanan dan Tegakkan Disiplin, Provos AAL Gelar Gaktib

LiputanToday.Com (Surabaya) – Untuk menjaga keamanan Kesatrian dan menegakkan disiplin personel, Provos Akademi Angkatan Laut (AAL) menggelar Operasi Penegakkan dan Ketertiban (Gaktib) terhadap pengguna kendaraan yang masuk dan keluar Kesatrian AAL, Morokrembangan, Surabaya, Senin (24/2).

Menurut keterangan Kepala Satuan Provos (Kasatprov) Detasemen Markas AAL, Mayor Laut (PM) Bayu Istiyoko mengatakan sejak Pukul 06.00 hingga 07.00 WIB, 14 personelnya telah digelar di dua titik masuk Kesatrian AAL, depan Monumen Hree Dharma Shanti dan Steger Pintu Air Pesapen.

“Kami telah menggelar personel Provos di dua titik masuk, Depan Monumen Hree Dharma Shanti dan Steger Pintu Air Pesapen, untuk mengecek kelengkapan personel pengguna kendaraan roda empat dan roda dua baik kendaraan dinas maupun pribadi,” terang Bayu, sapaan akrab Kasatprov Denma AAL ini.

Tim Provos AAL di depan Monumen Hree Dharma Shanti lanjutnya, disiapkan sembilan personel dipimpin Kapten Laut (PM) Catur Subiyakto (Kaur Pamfik), Sementara itu di Steger Pintu Air AAL Pesapen, ditempatkan lima personel di bawah pimpinan Lettu Laut (PM) Ronal Candra, A.Md.(Kasihartip).

Gelar Gaktib seperti ini lanjutnya, waktunya tidak terpola secara kaku, namun diacak secara fleksibel untuk menghindari rutinitas. Gelar Operasi Gaktib diarahkan untuk pemeriksaan terhadap surat-surat identitas pribadi, penggunaan helm, safety belt, SIM TNI dan SIM Umum serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bermotor baik dinas maupun pribadi.

Dari gelaran Gaktib Senin pagi tersebut, Kasatprov Denma AAL berterimakasih dan mengapresiasi personel militer maupun PNS AAL yang kooperatif saat dilakukan pemeriksaan dan hasilnya tidak ditemukan adanya pelanggaran terhadap materi operasi Gaktib yang dilakukan.

Menurutnya, prajurit yang profesional adalah yang memahami hukum dan mematuhinya, tidak hanya di masa perang tetapi juga di masa damai.

Ia berharap operasi Gaktib ini dapat meningkatkan profesionalitas prajurit AAL dalam kedisiplinan dan ketaatan terhadap hukum, termasuk didalamnya kepatuhan dalam berkendaraan dan berlalulintas. (Red/Kabagpen AAL).

, ,

Kopral Taruna AAL Tingkat I, Jalani Weekend Laut Perdana

LiputanToday.Com (SURABAYA) – Sebanyak 20 orang Kopral Taruna Akademi Agkatan Laut (AAL) Tingkat l Angkatan ke-68 melaksanakan Weekend Laut perdana selama tiga hari dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet Vlll-6 di Dermaga Flores Utara, Koarmada ll dan di Perairan Selat Madura.

“20 orang Kopral Taruna Angkatan ke-68 telah selesai melaksanakan Weekend Laut (WEL) perdana selama tiga hari (21-23 Februari: Red) sebagai pengenalan awal kehidupan di kapal perang,” terang Direktur Pendidikan AAL, Kolonel Laut (P) Kemas M. Ikhwan Madani, Minggu (23/2/2020).

Menurut Dirdik AAL, WEL 20 Kopral Taruna dengan KAL Kadet Vlll-6 ini, diberangkatkan pada Jumat (21/2) petang pukul 15.20 wib dari Dermaga Flores Utara, Koarmada ll dengan didampingi 19 personel KAL Kadet Vlll-6 yang dikomamdanin Mayor Laut (P) Maladi Hajayani, S.T.

Ketika Kopral Taruna mulai onboard di KAL Kadet lanjutnya, mereka mulai dikenalkan dengan Apel Kelengkapan, kemudian melaksanakan Peran Persiapan Kapal Berlayar dan Bertempur, Peran Muka Belakang, Peran Parade, Peran Pemanduan dan Peran Jangkar.

Setelah itu mereka mendapat Jam Komandan yang diisi oleh Komandan KAL Kadet Vlll-6 yang menjelaskan tentang Safety Induction dan Pengenalan Organisasi Kapal, Penjelasan selanjutnya tentang Pengenalan PDD Khas TNI AL dan Paparan Pengenalan Kapal diberikan Perwira KAL lainnya.

Sementara itu pada hari kedua WEL setelah olahraga pagi, para Kopral Taruna ini, mendapatkan materi tentang Pengenalan Alat Kebaharian, Pengenalan Peran dan Peralatan Kebakaran (PEK), Pengenalan Peran dan Peralatan Penanggulangan Kebocoran Kapal dan tugas WEL lainnya.

Sedangkan pada hari ke tiga setelah olahraga pagi, para Kopral Taruna ini harus bisa menjelaskan secara lisan mengenai lembar tugas WEL tentang Organisasi Kapal, Peran Jangkar, Peran Pemanduan, Peran Parade, dan Peran Muka Belakang yang sudah mereka terima dan lalukan selama WEL tiga hari di atas KAL Kadet Vlll-6. (Red).

, ,

Mantap, Taruna AAL Latihan Blind Pilotage di Brigde Simulator Andromeda

LiputanToday.Com (SURABAYA) – Mantap, Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Korps Pelaut Angkatan Ke-65 melaksanakan Praktek Pemanduan Buta (Blind Pilotage) Keluar-Masuk Alur Pelabuhan Barat Surabaya (APBS) di Brigde Simulator Gedung Andromeda, Kesatrian Bumimoro, AAL, Surabaya, Sabtu (22/2/2020).

Menurut Kepala Departemen Pelaut Akademi Angkatan Laut (Kadeppel AAL) Letkol Laut (P) Awang Bawono, S.E., M.M., M.A.P. mengatakan bahwa Latihan di Brigde Simulator ini merupakan bagian dari Lattek Navigasi 4 yang harus dijalani Taruna/i Tingkat 4 Angkatan ke-65.

“Empat hari mereka praktek di Brigde Simulator, salah satunya materi latihannya adalah Blind Pilotage, sebelum praktek sebenarnya nanti di Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet Vlll-6 yang berlayar di APBS,” terang Awang, sapaan akrab Kadeplek AAL ini.

Lattek Navigasi 4 yang diikuti 39 Taruna dan Taruni AAL Korps Pelaut ini, akan berlangsung selama sepuluh hari di bawah komando Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Reynold Steven Langitan.

“Lattek ini meliputi tiga hari pendalaman teori di gedung Andromeda Deppel AAL, empat hari praktek di Brigde Simulator dan tiga hari praktek di laut menggunakan KAL Kadet Vlll-6,” kata Awang.

Ia menegaskan bahwa, tujuan dari kegiatan Lattek navigasi 4 ini adalah agar Taruna/i Korps Pelaut memiliki keterampilan tentang penggunaan peralatan navigasi, membuat perencanaan pemanduan dan melaksanakan pemanduan buta (blind pilotage) saat kapal berlayar di alur sempit maupun saat kondisi jarak pandang yang terbatas dengan benar dan aman.

Dalam Lattek ini lanjutnya, mereka juga mempraktekkan organisasi pemanduan buta di anjungan, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan sebagai perwira jaga di kapal perang nantinya.

Kadeppel juga menegaskan, Kepada seluruh peserta dan staf latihan agar selalu memperhatikan faktor keamanan sesuai dengan standart operating procedure untuk menghindari kerugian personel dan materiil.

“Meneruskan penekanan dari Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. agar dengan alokasi waktu sepuluh hari latihan dan praktek ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, gunakan waktu secara efektif dan efisien demi tercapainya peningkatan kualitas dan keterampilan dasar Taruna tingkat IV,” pungkasnya. (Red/Navi).