, ,

Sapma PP Maros Desak Kejari, Usut dan Tuntaskan Jembatan Mangkrak Bara-Baraya

LiputanToday.Com (Maros) – Sejak melaporkan Kasus Jembatan Terbengkalai di dusun Bara-Barayya, desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Pengurus SAPMA PP Maros mendesak Kejari Kabupaten Maros untuk melakulan langkah lanjutan terkait adanya Jembatan Mangkrak.

Ketua Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP), Kabupaten Maros, Ahmad Takbir Abadi menilai pihak Kejari tidak responsif terkait laporan tim yang dibentuknya.

“Kami kemarin bentuk tim ivestigasi dan jelas ada kejanggalan di dalamnya, bahkan saat audiensi kami sudah melaporkan” kata Takbir dalam keterangannya kepada media. Sabtu (11/7/2020).

Selama ini warga melalui jembatan gantung. Itu pun sangat membahayakan kalau air Meluap.

Takbir Abadi juga mengecam Pemerintah setempat karena tidak serius menangani jembatan. “Pemerintah sepertinya setengah-setengah”. keluhnya.

Takbir Abadi mengatakan persoalan medan menuju Dusun Bara-barayya ini sudah menjadi persoalan lama, Pengerjaannya saja sudah dimulai sejak 2018 hingga sampai sekarang.

“Saya berharap bahwa, setiap jembatan yang diprakarsai oleh pemerintah harus betul dibangun sampai tuntas, jangan setengah-setengah” katanya.

Ahmad melanjutkan, Bahwa pihaknya segera tegas meminta kepada pihak kejaksaan untuk melakukan langkah lanjut dan memanggil semua pihak terkait penyebab mangkraknya jembatan tersebut.

“Kejari juga harus tegas, harus melakukan langkah cepat” tutupnya. (AT/red).

,

Komunitas ISPA Perangi Corona dengan Membagikan Masker ke Warga Sekitar BISLAB

LiputanToday.com (Maros) – Memerangi pandemi Corona Virus Desaes 2019 (Covid-19), ikatan solidaritas pencinta alam (ISPA) Sulsel melakukan aksi sosial dengan membagikan masker ke warga sekitar Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Biseang Labboro (BISLAB) Dusun Pattunuang Desa Samanggi Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros. Minggu, 19 April 2020.

Aksi ini mengusung tema “Solidaritas Lawan Penyebaran virus Corona”. Ikatan solidaritas pencinta alam Sulsel ini terus bergerak berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus Corona dengan cara membagikan masker.

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga masyarakat dari penyebaran virus Corona.

Ketua koordinator (Care Covid 19) menjelaskan, kegiatan ini membantu pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

“Saat ini penyebaran Virus Corona semakin mengerikan di beberapa belahan dunia, wabah virus Corona sangat menghantui dan meresahkan kehidupan masyarakat,” ungkap Ramlan Boy.

Olehnya itu kami terus berkoordinasi bersama beberapa organisasi, komunitas, dan kelompok pencinta alam untuk terus bersinergi melawan menyebaran virus tersebut.

“Kami telah membagikan masker secara gratis dibeberapa titik, selain di Maros kami juga bergerak di Daya dan Hartaco kota Makassar,” imbuh Boy.

Muh Nasir karib disapa Achil, Humas tropis cinta alam Sulsel menuturkan, kami yang tergabung dalam ikatan solidaritas pecinta alam sulsel akan terus bergerak pada penanganan penyebaran virus ini.

Senada dengan Achil, pembina generasi pemuda pencinta alam (GEMPA) Makassar, Harun Mujarrah mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan ISPA Sulsel, hal tersebut kami buktikan dengan membantu membagikan masker ke masyarakat yang bertujuan utamanya memutus penyebaran virus.

Sementara anggota harian divisi remaja pencinta alam (DIRJAPA) Kabupaten Maros, Agus Hamzul juga menjelaskan, kami sangat menyambut baik kegiatan sosial ini, dengan ada pembagian masker ini adalah bentuk kepedulian yang tersalurkan di Maros.

“Selain itu kami DIRJAPA Maros mendampingi rekan-rekan ISPA Sulsel ke titik lokasi yang dituju untuk membagikan masker kepada masyarakat,” pungkas Agus.

,

Pengurus HPPMI Maros Desak Pemkab Serius Penanganan Virus Corona

LiputanToday.com (Maros) – Berkenaan makin meningkatnya kasus Covid 19 (Virus Corona) di Kabupaten Maros. Maka kami Pengurus HPPMI Maros mendesak pemerintah Kabupaten Maros agar kiranya pemerintah lebih sigap dalam penanganannya terhadap Virus Corona ini dan bukannya membuat gerakan tambahan yang dapat memicu terjadi nya lonjakan kasus Covid 19 yang dapat membahayakan masyarakat Kabupaten Maros.

“Wacana pembukaan kembali wisata kuliner Pantai Tak Berombak (PTB) perlu menjadi perhatian penting untuk masyarakat khususnya Kab.Maros. Kami menilai BUPATI sedang bermain main dengan nyawa masyarakat nya ini,” tukas Kabid. Aksi dan advokasi HPPMI Maros Kom.UMI Muh.Chaidir Saputra.

Muh.Chaidir Saputra menambahkan, kian meningkatnya kasus Covid 19 ini adalah bencana dan ancaman yang serius apa lagi mengetahui indikasi beberapa warga yang terjangkit paparan covid 19 ini masih dengan leluasa berkeliaran di tambah lagi kebijakan pemerintah yang hanya memberlakukan karantina dirumah masing masing tidak dapat menjamin ke amanan warga lainnya Maros.

“Akan besar potensi keramaian dan penyebaran virus kalau PTB dibuka lagi,” tegasnya.

Lanjutnya, Bupati dalam ini harus mengeluarkan kebijakan perpanjangan waktu atas imbauan penutupan PTB sampai situasi menjadi kondusif. Melihat sekarang jumlah kasus Covid 19 semakin bertambah.

“Siapa sangka Kabupaten Maros menempati posisi ketiga dalam data antar Kabupaten di Sulawesi Selatan dengan dengan beberapa pasien dinyatakan positif Covid-19 yang memungkinkan akan bertambah tiap harinya. Masyarakat harus menambah ke waspadaan serta mengikuti anjuran pemerintah pusat untuk menjalankan social distance (berdiam diri dirumah) guna membantu pemerintah Kab.Maros memutus mata rantai penyebaran Virus Corona tersebut,” tambahnya.

“Pemerintah jangan hanya mengutamakan sektor perekonomian saja, dengan menyampingkan keselamatan masyarakat Kabupaten Maros Pemerintah tidak begitu jauh mengkaji soal keselamatan masyarakatnya. Selama masa pandemik Corana ini Pemerintah dapat mengalokasikan anggaran dalam bentuk bantuan berupa uang kepada pedagang yang ada di PTB untuk kebutuhan hari-harinya selama PTB tidak beroperasi,” jelasnya.

Mengakhiri orasinya, Muh Chaidir Saputra Kabid Aksi dan Advokasi HPPMI MAROS Kom.UMI mengatakan, jika Pemerintah dalam hal ini BUPATI masih saja bercanda dan bermain main atas kesalamatan warganya. Kami HPPMI Maros Kom.UMI akan mengutuk dan menjadi garda terdepan untuk menghalang pemerintah guna kemaslahatan umat.

,

Remehkan Himbauan Pemerintah, Satpol PP Maros Patroli Penanganan Covid-19

LiputanToday.Com (Maros) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabuten Maros melakukan patroli. Patroli ini mengindahkan himbauan Pemerintah terkait penanganan Penyebaran Virus Corona atau Covid 19. Selasa, (24/3/2020).

Satpol PP kabupaten Maros mendatangi tempat-tempat keramaian menyampaikan kepada seluruh warga yang berada di tempat keramaian agar mematuhi himbauan yang telah dikeluarkan pemerintah. “Langkah ini ditempuh guna kesehatan dan keselamatan masyarakat sendiri,” jelas Malik.

Akibat Covid-19 dengan terpaksa Satpol PP Kabupaten meminta kepada seluruh lapisan masyarakat yang kebetulan berkerumun agar segera kembali ke rumah masing-masing, cara ini ditempuh untuk menekan penyebaran mata rantai Covid 19.

Kepala unit petugas tindak internal PTI, Abd Malik mengatakan, patroli pencegahan Covid-19 ini dipimpin langsung Kasi Trantib ditemani sejumlah anggota Trantibum satpol PP Maros, menyambangi masyarakat dalam keramaian agar segera membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing dulu.

“Patroli hari ini kami lakukan disepanjang jalan poros Maros dan juga dipasar batangase kecamatan mandai, menyambangi masyarakat menyampaikan himbauan pemerintah agar dapat menghindari tempat keramaian dulu untuk sementara waktu,” imbuh Malik.

Secara terpisah Kabid Trantib Satpol PP Maros, Drs Muh Sauqi, mengatakan kovid 19 adalah merupakan virus yang penularannya begitu cepat yang dapat membahayakan bagi kesehatan manusia yang nanti berujung kematian apa bila dibiarkan saja, olehnya itu kami dari satpol PP kembali melakukan menyambangi masyarakat menyampaikan kembali himbauan yang telah dikeluarkan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar tetap waspada terhadap penyebaran virus coron atau covid 19.

“Kami akan meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap di rumah saja dulu untuk sementara waktu, guna memutus mata rantai menyebaran Covid-19. Karena virus ini tidak dapat terdeteksi apa bila ada disekitar kita, olehnya itu cara efektif untuk mengantisipasi mencegah penyebaran wabah yang membahayakan ini,” urai Sauqi.

Muh Sauqi menambahkan, patroli ini akan kami lanjutkan hinga malam hari nanti, dengan sasaran utama yaitu wisata kuliner PTB Maros, sesuai himbauan Bupati Maros agar untuk sementara waktu, objek wisata kuliner PTB ditutup, para pedagang dan penyaji kuliner dilarang dulu berjualan hingga waktu yang tidak ditentukan.

“Kami akan patroli dan berjaga jaga dengan menurunkan 60 personil satpol PP Maros,” tutupnya.

, ,

HPPMI UMI Me-Warning Bupati Maros Ini Tuntutannya

LiputanToday.Com (MAROS) – HPPMI Maros Komisariat UMI menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor DPRD Kabupaten Maros. Rabu (12/2/2020).

Aksi dilakukukan terkait dugaan adanya Indikasi malaadministrasi yang dari SK Mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Senin, 3 Februari 2020 yang di keluarkan Bupati Maros.

Jendral lapangan Chaidir Saputra menjelaskan bahwan ini kontradiksi dengan Pasal 71 ayat 2 UU No 10 tahun 2016 tentang pemilukada yang mengatakan bahwa Gubernur, Walikota dan Bupati dilarang melakukan perpindahan atau mutasi dalam waktu 6 bulan sebelum penetapan Calon dan harus di buktikan dengan SK persetujuan Menteri Mendagri.

Dengan dasar inilah sehingga HPPMI UMI menyatakan sikap dengan alasan.

– Melanggar aturan UU No 10 Tahun 2016 pasal 71 ayat 2.

– Dapat merugikan Aparatur Sipil Negara.

– Indikasi Kecurangan Pemilukada (Terstruktur, Sistematis dan Massive).

– Menurunkan Kinerja Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

– Indikasi terjadinya Kolusi Korupsi dan Nepotisme.

Maka dari itu HPPMI UMI menuntut dan mendesak.

– Memperlihatkan persetujuan SK Mendagri atas Mutasi yang di keluarkan Bupati Maros pada Senin, 3 Februari 2020.

– Mendesak Bawaslu Kabupaten Maros untuk melakukan tindakan selaku Badan Pengawas Pemilu.

– Mendesak DPRD Kabulaten Maros untuk memberi teguran kepada Bupati Maros selaku tugas serta fungsi pengawasan. (Red/Rio).

, ,

Dirut PDAM Baru, Pemuda Tanah Gersang Harapkan Segera Memberikan Pelayanan Air Bersih di Bontoa Maros

LiputanTODAY.Com (Maros ) – Bupati Maros Hatta Rahman melantik Andi Davied Syamsuddin Sebagai Dewan Pengawas dan Muh Shalahuddin M Sebagai Direktur Utama PDAM Maros pada Jumat Kemarin 31 Januari 2020.

Hal ini Pemuda Tanah Gersang Bontoa beharap Direktur baru mampu memberikan pelayanan air bersih ke Kecamatan Bontoa hingga daerah pesisir Pajukukang dan Desa Ampekale Maupun Desa Minasaupa.

“Dengan Direktur baru ini saya berharap akan ada inovasi baru yang dihadirkan olehnya, agar di daerah Kecamatan Bontoa bisa merasakan pelayanan air bersih secara keseluruhan atau setidaknya 60%, karena kita ketahui pada musim kemarau masyarakat sangat sulit mendapatkan air bersih,” ujar Syamsul penggerak Pemuda Tanah Gersang saat ditemui wartawan di Warkop Labo, Sabtu, 1 Februari 2020.

Sementara kordinator Pemuda Tanah Gersang, PDAM Maros ini mampu memberikan pelayanan air bersih ke masyarakat Bontoa selama adanya keinginan dan adanya peran Pemerintah Kabupaten Maros dalam meningkatkan pelayanan air bersih ke Masyarakat Kecamatan Bontoa.

“PDAM Maros ini sebenarnya bisa memberikan pelayanan air bersih ke Masyarakat Bontoa selama adanya kerjasama baik dengan Pemerintah Kabupaten Maros, karena ketika memperhatikan dimusim kemarau maupun musim hujan pelayanan air bersih itu tidak sampai ke daerah pesisir, masa sudah puluhan tahun persoalan ini belum terselesaikan,” ujar Arung

Pemuda ini berharap kepada Pemerintah Kabupaten Maros bisa memanfaatkan secara semaksimal sumber daya air yang berada di Maros seperti Bendungan Batu Bassi dan Bendungan Lekopancing.

“Seharusnya ini Pemerintah Kabupaten dengan PDAM Maros bekerjasama untuk bagaimana cara bisa untuk memanfaatkan dua sumber air yang besar berada di Batubassi dan Lekopancing secara maksimal untuk lebih memprioritas kebutuhan sehari-hari masyarakat sesuai yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 Tentang sumber Daya Air,” tambahnya

Ia juga mengajak Pemerintah Kabupaten Maros dan PDAM Maros untuk memperjuangkan kebutuhan air bersih untuk masyarakat Bontoa.

“Ayolah memperjuangkan warga ta supaya bisa merasakan air bersih di musim kemarau nanti yang akan datang,” pungkas Arung

Pemuda Tanah Gersang juga berharap agar bisa dibuatkan resevoir dan booster atau Instalansi Pengelolahan Air (IPA) agar ada infrastruktur pendukung untuk tekanan air nantinya, yang akan di tampung dulu di resevoir dan di dorong oleh booster agar air bisa sampai ke daerah pesisir.

, ,

Berhasil Ungkap Peredaran Narkoba Jenis Shabu, Personil Polres Maros Ini Dapat Penghargaan

LiputanTODAY.Com (Maros) – Keberhasilan personil Polres Maros mengungkap kasus peredaran Narkoba jenis Shabu sebanyak 350 gram di Maros pada akhir tahun lalu. Ini menjadi prestasi tersendiri bagi Polres Maros. Hasilnya, pengungkapan kasus tersebut, membuat 6 personil Polres Maros ini mendapatkan penghargaan.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon SIk SH, kepada 6 petugas berprestasi. Senin, 20 Januari 2020. Penyerahan penghargaan dilakukan di Lapangan Apel Mapolres Maros.

Dalam sambutannya, AKBP Musa Tampubolon SIk SH, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan karena keberhasilan dalam pengungkapan kasus Narkoba. Penghargaan yang diberikan berupa wujud perhatian dari pimpinan kepada setiap personil yang berprestasi.

“Diharapkan, seluruh personil dapat memberikan informasi terkait dengan Narkoba. Karena Narkoba adalah musuh kita bersama,” ujar AKBP Musa.

Dia juga mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi atas dedikasi dan prestasi yang diraih 6 personil tersebut.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi personil lainnya dalam beprestasi dan meningkatkan kinerja,” imbaunya.

Dia juga mengatakan, program reward dan punishment tersebut akan terus dilanjutkan dalam rangka apresiasi anggota.

Selain itu, pemberian penghargaan itu menurutnya akan memotivasi kinerja anggota agar lebih aktif dan profesional

Terkait soal temuan 350 Gram shabu tersebut, Kapolres Maros mengungkapkan saat ini jajarannya terus memantau peredaran Narkoba di Kota Maros. Dia secara tegas telah instruksikan untuk memberantas narkotika bersama dengan instansi terkait lainnya.

“Kita terus berkoordinasi untuk sosialisasi hingga dengan penegakan hukum terhadap penyalahgunaan narkotika,” pungkas Musa.

Selama kurun waktu tahun 2019 sat Narkoba Polres Maros telah mengungkap kasus Narkoba sebanyak 76 kasus dan sebagian besar sudah memiliki putusan hukum tetap dari Pengadilan Negeri Maros

, ,

Heboh Tanah Amblas Bentuk Lubang Besar, Warga di Instruksikan Jangan Ada Mendekat

LiputanTODAY.com (Maros) – Peristiwa tanah amblas yang membentuk lubang besar di tengah sawah disertai aliran air, Senin (23/12/2019) sore menggemparkan Warga Desa Lebbo Tengae, Maros, Sulsel. Sontak menuai banyak perhatian masyarakat dan warga net. Demi keamanan, pihak Polres Maros segera melakukan pengamanan di lokasi.

Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon SIK, SH langsung memberikan Instruksi kepada Kapolsek Camba dan jajarannya.

Kapolres menginstruksikan Kapolsek Camba untuk melakukan pemantauan dan pengamanan di sekitar lokasi tersebut.

“Saya sudah menginstruksikan kapolsek Camba untuk melaksanakan pengamanan dan mendirikan tenda operasi di sekitar lokasi,” katanya.

“Tidak boleh ada warga yang mendekat ke lokasi Radius 50 meter dari pusat Lubang, saya juga sudah berkordinasi dengan bapak bupati Maros untuk penanganan fenomena tersebut,” ujar Kapolres.

Polisi Line sudah terpasang sejak sore hari, hal tersebut merupakan upaya Polri untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sejak sore hari police Line sudah terpasang, warga sudah dilarang mendekat ke area, kami juga sudah mengerahkan bhabinkamtibmas untuk menghimbau masyarakat agar tidak mendekat ke lubang,” tutup Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon SIK, SH. (Red/anc).

, ,

Puisi Warnai Pengajian dan Do’a Bersama Peringatan 3 Tahun Wafatnya H. Andi Ganing

LiputanTODAY.com (Maros)-Muhammad Rivaldi atau yang biasa disapa MR (Bakal Calon Wakil Walikota Makassar) ini menggelar acara pengajian dan do’a bersama dikediaman pribadinya dalam rangka memperingati 3 tahun wafatnya almarhum H. Andi Ganing yang merupakan kakek kandungnya.

“Alamrhum kakek dimatanya bukan hanya sebagai seorang kakek melainkan juga dia sosok bapak bagi saya,” ungkap Muhammad Rivaldi Saat ditemui di Maros, Senin, (23/12/2019) sore.

Lantas MR mengatakan, dari Alm. Kakek saya banyak belajar tentang keteguhan dan kepemimpinan, beliau memang orangnya tegas namun hatinya sebenarnya sangat lembut, Kepedulian dan kepekaan sosialnya sangat tinggi.

Hal senada juga disampaikan oleh Hajja Andi Dajriah yang merupakan putri kandung almarhum. Ia mengatakan bahwa sosok almarhum sangat tegas dalam setiap keputusan yang dia lahirkan namun dibalik ketegasannya itu sebenarnya bagian daripada karakter almarhum.

“Almarhum semasa hidupnya dikenang sangat sosial dan punya kepekaan yang tinggi, hampir disetiap persoalan keluarga beliau yang selalu tampil didepan untuk memberikan solusi,” tambah MR.

Disela-sela acara pengajian dan Do’a bersama yang dihadiri ibu-ibu pengajian dan sejumlah anak yatim, MR mengharapkan untuk mendoakan Almarhum agar senantiasa mendapatkan tempat yang layak disisi Allah SWT serta segala dosanya diampuni,

MR juga sempat membacakan puisi yang didedikasikan untuk Almarhum H. Andi Ganing.

Berikut isi puisi tersebut, “Kepergianmu tentu akan membawa duka mendalam bagi kami, namun itu telah menjadi takdir dari sang Ilahi Robbi. Goresan kecil mengingatkanku Pada dirimu, duhai seorang yang kubanggakan.”

“Lembut kasihmu menuntun kaki kecilku itu hanyalah satu dari ribuan catatan diary kasih sayangmu.”

“Hatiku terasa hampa sudah lama aku tak menatap wajahmu kini aku hanya bisa menatapmu lewat selembar foto yang kelak akan menjadi ceritaku nanti pada anak-anakku tentang kisah kakeknya yang pemberani.”

“Hatiku terasa hampa karena aku tak dapat mencium tanganmu sebagai bentuk rasa hormat dan sayangku kepadamu.
Namun yakinlah engkau akan tetap menjadi aksara tanpa muara dilubuk hatiku yang terdalam.”

“Akan kusampaikan salam dan rinduku lewat Do’a yang kupanjatkan pada ilahi Rabbi agar engkau senantiasa mendapat tempat yang layak disisi-NYA. Sambil sesekali menyeka air matanya yang tidak terbendung.”

Almarhum wafat 23 Desember 2016 meninggalkan satu orang putri yakni Hajja Andi Dahriah dan seorang cucu yakni Muhammad Rivaldi.